Sambut Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Bupati Sampaikan Progres Program Agro Industri

Bupati Bulungan Sudjati menyampaikan enam misi pembangunan Kabupaten Bulungan dalam Sidang Paripurna Istimewa

Sambut Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Bupati Sampaikan Progres Program Agro Industri
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Bupati Bulungan, Sudjati 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Bupati Bulungan Sudjati menyampaikan enam misi pembangunan Kabupaten Bulungan dalam Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-58 Kabupaten Bulungan dan Hari Jadi ke-228 Kota Tanjung Selor, Rabu (10/10/2018) di gedung DPRD Bulungan.

Sudjati menyebutkan, sejak awal mengemban amanah kepala daerah bersama Ingkong Ala sang Wakil Bupati, keduanya sudah menetapkan visi misi pembangunan Bulungan.

Visi yang diusung oleh Sudjati-Ingkong Ala ialah 'Mewujudkan Kabupaten Bulungan sebagai Pusat Pangan yang Berbasis Industri'. Untuk mewujudkan visi itu lanjutnya, ada enam misi utama yang tengah dilakukan saat ini.

Baca: Satu Parpol tak serahkan Design Alat Peraga Kampanye ke KPU Balikpapan

Misi tersebut yaitu, mewujudkan Bulungan sebagai salah satu pusat pangan; mewujudkan industri berbasis masyarakat yang berdaya saing tinggi; meningkatkan aksesibilitas infrastruktur untuk mendorong percepatan ekonomi; pemantapan kualitas SDM; mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang tinggi; serta reformasi birokrasi dan revitalisasi lembaga pemerintahan menuju tata pemerintahan yang bersih dan transparan.

"Kita harapkan pengupayaan enam misi ini, bisa membawa perubahan besar masyarakat menuju masyarakat industri. Dalam artian kita akan mampu berevolusi dari masyarakat agro menjadi agro industri," katanya.

Untuk meraih mimpi demi mimpi tersebut, Sudjati mengklaim telah melakukan kerjasama dengan PT Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) Pangan Terhubung Koperasi Pertanian Modern Sukabumi, Jawa Barat. Nilai investasi ini diperkirakan mencapai Rp 260 miliar.

Baca: Pecahkan Rekor MURI, Lebih dari 8 Ribu Orang di Kutim Ikut Bayar Pajak Massal

"Kita akan bangun pertanian modern. Semua peralatan pertanian sampai penggilingan sampai hilirnya akan dilakukan oleh PT BUMR. Kita harus siapkan lahan pertanian sekitar 5 ribu hektare," katanya.

Pemkab Bulungan juga bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia di Jember, Jawa Timur. Kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan penyediaan lahan perkebunan kopi dan kakao seluas 50 hektare di seberang Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas.

Lalu, ada upaya revitalisasi pengembangan lahan sawah di kawasan pasang surut seluas 400 hektare di Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur. Kemudian kata Bupati, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko menawarkan penggunaan adopsi teknologi perbenihan dengan menawarkan benih pada label biru.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved