Pileg 2019

Satu Parpol tak serahkan Design Alat Peraga Kampanye ke KPU Balikpapan

Dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemuli 2019, sebanyak 15 parpol telah menyerahkan design spanduk dan baliho

Satu Parpol tak serahkan Design Alat Peraga Kampanye ke KPU Balikpapan
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Kantor KPU Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemuli 2019, sebanyak 15 parpol telah menyerahkan design spanduk dan baliho sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan.

Hal itu diungkapkan langsung Komisioner KPU Kota Balikpapan, Endang Susilowati, Rabu, (10/10/2018).

"Cuma PKPI saja yang tidak menyerahkan designnya," ujarnya.

Lanjutnya, tahapan selanjutnya, KPU Kota Balikpapan akan mengoreksi design tersebut untuk mencocokkan design dengan syarat-syarat atau ketentuan yang telah ditentukan di PKPU atau di Juknis 946 atau Juknis 1096.

"Kalau designnya memang sesuai, nanti kami buatkan berita acaranya. Tapi kalau belum, maka kita akan kembalikan," ujarnya.

Baca: Pemkab PPU Kirim 10 Truk Sembako dan Pakaian untuk Korban Gempa Sulteng

Dijelaskannya, untuk jatah APK yang dibuatkan oleh KPU Kota Balikpapan, diantaranya 10 lembar baliho untuk setiap peserta pemilu dan 16 lembar spanduk untuk tiap peserta pemilu plus DPD.

"Jadi untuk Pilpres tinggal di kali dua, kalau pileg tinggal di kali jumlah parpol saja," ungkapnya.

Selanjutnya ucap Endang, KPU Kota Balikpapan akan memanggil Bawaslu Kota Balikpapan, perwakilan parpol, Kesbangpol dan Satpol PP untuk membahas APK tersebut. Dirinya menargetkan awal November 2019 nanti sudah mulai dilakukan pencetakan.

"Setelah kita bahas design APK dan di paraf oleh semua pihak, selanjutnya kita akan melakukan penunjukkan siapa yang akan melakukan pencetakkan. Setelah itu barulah proses cetak," pungkasnya.

Baca: Pengamat LIPI: Amien Rais Ancam Bongkar Kasus Korupsi, Bisa Jadi Hanya Gertakan Politik Saja

Ditambahnya, terkait titik penempatan APK tersebut, sesuai kesepakatan akan diserahkan kepada peserta pemilu, bukan KPU Kota Balikpapan yang menentukan titik APK.

"Untuk titiknya kita serahkan ke masing-masing peserta dimana dia mau pasang selama tidak melanggar perwali dan ditempat fasislitas umum," terangnya.

Penulis: Aris Joni
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help