Tak Ingin Kecolongan, Panitia Siapkan Pengamanan dari Kepolisian di Babak Akhir Pilrek Unmul

Tiga calon rektor Universitas Mulawarman (Unmul) akan memerebutkan 87 suara senat, plus 35 persen suara Kementrian

Tak Ingin Kecolongan, Panitia Siapkan Pengamanan dari Kepolisian di Babak Akhir Pilrek Unmul
Wikipedia
Gedung Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tiga calon rektor Universitas Mulawarman (Unmul) akan memerebutkan 87 suara senat, plus 35 persen suara Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kamis (11/10/2018), besok pagi. Diketahui, besok, senat Unmul akan menentukan siapa yang akan memimpin universitas terbesar di provinsi ini, periode 2018-2022.

Tak ingin pelaksanaan rapat senat tertutup, dengan agenda pilrek kembali diintervensi pihak luar kampus, panitia Pilrek pun sudah menyiapkan langkah antisipasi.

Diantarannya meminta bantuan keamanan dari kepolisian.

"Tidak hanya dari pengamanan internal kampus, tapi kita juga minta bantuan pengamanan eksternal yakni dari kepolisian," ujar Ketua Panitia Pilrek Unmul, Mohammad Noor.

Baca: Pemilihan Rektor Unmul Bakal Digelar Lusa, Utusan Kemenristekdikti Dirahasiakan

Diketahui, kericuhan yang melibatkan ormas sempat terjadi saat digelarnya rapat senat terbuka, dengan agenda penyampaian visi misi bakal calon rektor. Selanjutnya, kericuhan terjadi saat senat menggelar rapat tertutup dengan agenda memilih calon rektor dari bakal calon rektor.

Soal tingkat kehadiran anggota senat, selaku pemilik suara dalam Pilrek Unmul, menurut Noor, sudah diatur dalam tata tertib senat.

"Jadi, tiap senat akan mengambil keputusan, termasuk memilih rektor, minimal harus dihadiri 2/3 dari jumlah anggota senat. Jika tak kuorum, rapat senat diskors sekian menit. Jika tak juga kuorum, bisa dilanjutkan dengan catatan ada berita acaranya," kata Noor.

Baca: Besok Batas Akhir Pemilihan Rektor Unmul, Begini Kondisinya Sekarang

Dijadwalkan, proses pemungutan suara akan berlangsung di lantai 4, Rektorat Unmul, pukul 08.00 Wita.

"Pagi, dan kemungkinan siang sudah akan ada hasilnya," kata Noor.

Sekadar informasi, tiga calon rektor akan bertarung di tahap akhir Pilrek Unmul. Sebelumnya, terdapat lima bakal calon rektor yang mengikuti tahapan awal. Ketiga calon rektor yang akan bertarung yakni Prof Masjaya (Rektor incumbent), Prof Susilo (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unmul), serta Dr La Ode Rijai (Dekan Fakultas Farmasi).

Sebagai gambaran, di pemilihan calon rektor awal, Masjaya unggul dengan raihan 60 suara senat. Di posisi kedua ada Prof Susilo dengan jumlah 19 suara, dan Dr La Ode Rijai dengan 5 suara. Pilrek tahap akhir ini akan memerebutkan 87 suara senat, plus 35 persen suara Menristekdikti.

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved