Venue untuk Porprov di Sangatta Dihuni Buaya, Balikpapan Minta Jaminan

KONI Balikpapan gusar dengan kabar keberadaan buaya yang bersarang di Polder Ilham Maulana di kawasan Pasar Induk Sangatta,

Venue untuk Porprov di Sangatta Dihuni Buaya, Balikpapan Minta Jaminan
TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA
Area Polder Ilham Maulana yang akan menjadi arena tanding cabor dayung dan ski air pada Porprov Kaltim mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO - KONI Balikpapan gusar dengan kabar  keberadaan buaya yang bersarang di Polder Ilham Maulana di kawasan Pasar Induk Sangatta, Kutai Timur. Pasalnya polder tersebut akan menjadi venue dua cabang olahraga Porprov 2018 yaitu Dayung dan Sky Air.

Sebelumnya diwartakan ada sekitar 12 ekor buaya yang bersarang di sudut polder Ilham Maulana Sangatta. Namun belakangan Pemkab Kutim sudah melakukan sterilisasi dan memidahkan buaya ke tempat yang lebih aman.

Terkait keberadaan buaya di venue tersebut, KONI Balikpapan dengan tegas meminta jaminan keselamatan bagi atletnya yang akan tampil di Porprov 2018 Desember mendatang.

Baca: Bahas Persiapan Kutim sebagai Tuan Rumah, Tim Wasrah dan PB Porprov Gelar Pertemuan

"Kita akan tetap bertanding, dengan syarat garansi tertulis bukan lisan bahwa venue itu aman dan bisa digunakan Sky Air dan Dayung. Dua pengcab ini merasa keberatan dengan adanya buaya di Polder tersebut," ungkap Bendahara Umum KONI Balikpapan, Ridwan di sekretariat KONI Kaltim, Jl Kesuma Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya keberadaan buaya di Polder tersebut bukan isu semata. Bahkan keberadaan buaya membuat atlet Dayung dan Sky Air Kota Beriman khawatir bertanding.

" KONI Balikpapan dan Pengcab sky air sudah kunjungan ke sana. Dispora dan masyarakat di sana mengamini buaya itu ada. Yang jadi kepentingan kita adalah keselamatan atlet kita. Jangan sampai motivasi dan semangat atlet berkurang karena khawatir saat bertanding," tuturnya. 

Baca: Sangatta Terkenal Sarang Buaya, Pelatih Dayung Balikpapan Minta Jaminan Keselamatan Atlet

Sementara itu, Ketua Pengcab Persatuan Ski Air dan Wakeboard Seluruh Indonesia (PSAWI) Balikpapan, Bambang Prasetyo mengusulkan agar venue Dayung dan Sky Air dipindah ke Samarinda atau Kutai Kartanegara. Sebab dua daerah ini punya venue yang lebih layak dan aman.

Selain keberadaan buaya, Bambang menyebut venue di Polder Ilham Maulana tidak sesuai standar.

"Panjang dan lebar lintasan sangat kurang. Dan faktor penting yaitu masalah keselamatan atlet ini. Balikpapan sebelum bertanding kami kumpulkan atlet dan orangtua. 

Baca: Soal Jaminan Keamanan di Venue, Ini Kata PB Porprov Kaltim

Atlet sangat down tapi kami tetap memberikan motivasi. Kukar dan Samarinda ada venue. Kenapa tidak dipindah saja ke tempat yang lebih safety?" ujar Bambang.

Baca: Cabor Bulu Tangkis Popprov Mulai Dihelat, Jadi Ajang Pemanasan Menuju Porprov di Kutim

Saat ini PB Porprov 2018 belum memutuskan apakah venue Dayung dan Sky Air dipindah atau tetap digelar di Sangatta, Kutai Timur. 

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help