Gempa dan Tsunami Sulteng

Warga Balikpapan Bantu Tiket Pesawat Korban Gempa Sulteng, Hari Ini 53 Orang Terbang Gratis

Beban para korban bencana gempa dan tsunami Sulteng yang berhasil dievakuasi ke Balikpapan kembali berkurang.

Warga Balikpapan Bantu Tiket Pesawat Korban Gempa Sulteng, Hari Ini 53 Orang Terbang Gratis
Tribun Kaltim/M Fachri Ramadhani
Duta Humas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Shindy menunjukkan form bantuan kemanusian bencana gempa dan tsunami Sulteng, Rabu (10/10/2018). Ia bertugas melayani para donatur yang ingin memberikan bantuan di posko pengungsi bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

Warga Balikpapan Bantu Tiket Pesawat Korban Gempa Sulteng, Hari Ini 53 Orang Terbang Gratis

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Beban para korban bencana gempa dan tsunami Sulteng yang berhasil dievakuasi ke Balikpapan kembali berkurang.

Tak hanya mendapat pelayanan yang baik dari petugas TNI-Polri dan relawan di Balikpapan. Mereka pun dapat bantuan dari masyarakat Balikpapan pulang ke daerah asal.

Seperti yang dialami 53 para korban bencana Sulteng di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rabu (10/10/2018). Seluruhnya mendapat tiket pesawat gratis, yang didonasikan dari swadaya masyarakat Balikpapan yang dikumpulkan manajemen bandara di posko pengungsian.

Baca: Kisah Polwan Polda Kaltim Bantu Korban Gempa Sulteng, Pertama Tiba Seperti Kota Mati

Bantuan hingga saat ini terus mengalir dari warga Balikpapan. Empati dan simpati seperti tak ada habisnya. Mengetahui segala kebutuhan logistik lebih dari cukup. Warga Balikpapan kini bergerak, mengonversi bantuan mereka menjadi tiket pulang.

"Ada donatur yang datang ke sini mendonasikan uang. Kita terima dan kumpulkan. Lalu dikelola jadi tiket pesawat bagi para korban yang membutuhkan," kata Shindy, Duta Bandara kepada Tribunkaltim.co, Rabu (10/10/2018).

Bahkan, ada donatur yang langsung memberikan tiket kepada korban yang ada di posko yang terletak di lantai 4 bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, sebut Shindy.

Pihak manajemen bandara, memberikan formulir kepada calon donatur. Di form tersebut ada kolom identitas dan jenis bantuan apa yang diberikan. Tak sedikit masih ada yang membantu barang atau makanan bagi para korban.

"Tadi pagi Rp 15 juta kita setor. Sore tadi Rp 11 juta," ungkapnya.

Baca: Sepekan di Sulteng, Polwan dan Bhayangkari Polda Kaltim kembali Pulang

Di posko tersebut terpampang juga jadwal penerbangam ke berbagai daerah. Pihaknya membantu para pengungsi dan donatur mencari harga tiket termurah, agar bisa membantu pengungsi lebih banyak.

"Harga terendah itu mulai dari Rp 550 ribu, mas," katanya.

Ditambahkannya, ada donatur yang datang kemudian langsung menyodorkan kesanggupan membeli beberapa tiket. Bila pengungsi di bandara tak ada, maka pihak bandara akan berkoordinasi dengan petugas di base ops Lanud Dhomber Balikpapan.

Pasalnya di sanalah pusat penampungan pengungsi sementara yang baru mendarat di Balikpapan menggunakan pesawat militer dari Palu.

Baca: 10 Hari Buka Posko Bantuan Gempa Sulteng, Pemkot Balikpapan Kumpulkan Dana Rp 1,2 Miliar

"Yang kami catat hari ini ada 53 pengungsi yang sudah memegang tiket pulang. Ada yang hari ini, ada yang besok," tuturnya.

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved