Festival Mahakam 2018

Festival Mahakam 2018 - Lomba Renang di Sungai Mahakam, Hadiah Total Rp 50 Juta, Daftar di Sini

Lomba renang melintasi Sungai Mahakam di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur kembali digelar

Festival Mahakam 2018 -  Lomba Renang di Sungai Mahakam, Hadiah Total Rp 50 Juta, Daftar di Sini
TRIBUN KALTIM/Nevrianto Hardi Prasetyo
Lomba renang melintasi Sungai Mahakam dalam rangkaian Festival Mahakam tahun 2017 lalu. 
Festival Mahakam 2018 - Lomba Renang di Sungai Mahakam, Hadiah Total Rp 50 Juta, Daftar di Sini
Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto
TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Lomba renang melintasi Sungai Mahakam di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur kembali digelar. Lomba melintasi sungai selebar setengah kilometer ini merupakan rangkaian Festival Mahakam yang digelar 2-4 November, mendatang.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda, HM Faisal, Kamis (11/10/2018).
Menurut Faisal, lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam menjadi lomba rutin pada Festival Mahakam. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba yang kali ini dinamakan Water Sport Race ini sebesar Rp 50 juta.
"Paling khas dari acara Festival Mahakam di perairan sungai Mahakam adalah lomba renang menyeberangi sungai, yang tahun ini memperebutkan total hadiah 50 juta," kata Faisal.
Kapal wisata Pesut Etam membuka rute perjalanan susur Sungai Mahakam, pada malam pergantian Tahun Baru, Minggu (31/12/2017).
Kapal wisata Pesut Etam membuka rute perjalanan susur Sungai Mahakam, pada malam pergantian Tahun Baru, Minggu (31/12/2017). (ISTIMEWA)
Lomba berenang ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kelompok junior dan kelompok senior.
Masing-masing kategori kemudian dibagi kembali yakni untuk putra dan putri. "Jadi total ada empat kategori. Junior putra dan putri, juga senior putra dan putri," urai Faisal.
Khusus untuk junior di bawah 14 tahun, menurut Faisal, harus menyertakan surat izin dari orangtua.
“Tentu saja syarat utama harus bisa berenang dan dalam keadaan sehat, khusus untuk kategori junior dengan usia di bawah 14 tahun harus ada keterangan izin dari orangtua.
Bahkan kami juga akan lakukan cek kesehatan sebelum diberangkatkan start," katanya lagi. 
Pendaftaran masih terus dibuka hingga H-1 nanti. Pendaftaran lomba renang ini dapat dilakukan di kantor Dinas Pariwisata Samarinda. 
Sementara kegiatan ini akan dilaksanakan pada  Minggu  4 November 2018 pukul 07,00 Wita dengan titik kumpul di Dermaga Kantor Gubernur Jalan Gadjah Mada, Samarinda.

“Setelah registasi dan pemeriksaan, nanti seluruh peserta akan dibawa dengan kapal khusus yang disiapkan panitia ke daerah samarinda seberang untuk di lepas start menuju titik finish di Dermaga kantor Gubernur," kata Faisal. 
Sementara itu, untuk diketahui selain lomba berenang menyeberangi sungai Mahakam ada beberapa lagi acara di perairan sungai Mahakam, yakni Lomba Balap Perahu Tambangan, Lomba Balap Power Boating, Lomba Balap Perahu Naga, Lomba Balap Perahu Dompeng dan Lomba Jetski.  (*)
Follow Instagram tribun kaltim
Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved