Gempa dan Tsunami Sulteng

Unmul Terima Mahasiswa Universitas Tadulako Palu Tanpa Syarat

Puluhan mahasiswa Universitas Tadulako, Palu, dikabarkan menumpang belajar di Universitas Mulawarman (Unmul).

Unmul Terima Mahasiswa Universitas Tadulako Palu Tanpa Syarat
Tribun Kaltim/Nevrianto
Dr Laode Rijai ( kiri) bersama Rektor Terpilih Musyawarah Mufakat( aklamasi) Prof Masjaya M.si( tengah) Ketua Panitia Pilrek Unmul, Dr H Muhammad Noos MS mengepalkan tangan di Rektorat Unmul, Kamis( 11/10/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Puluhan mahasiswa Universitas Tadulako, Palu, dikabarkan menumpang belajar di Universitas Mulawarman (Unmul).

Hal ini sudah berlangsung dalam beberapa hari terakhir ini. Demikian diungkapkan Rektor Unmul, Masjaya.

"Kemarin itu ada sekitar 10 yang datang sama saya. Langsung saja kuliah," kata Masjaya.

Baca: Masjaya Terpilih Secara Aklamasi jadi Rektor Universitas Mulawarman (Unmul)

Masjaya menuturkan, semua universitas di Indonesia diminta menerima mahasiswa Universitas Tadulako. Pasalnya, kata Masjaya, 70 persen infrastruktur Tadulako belum bisa difungsikan akibat gempa.

"Modelnya sit in. Mereka langsung belajar di program studi mereka selama ini. Nanti, saat Universitas Tadulako bisa difungsikan, baru mereka kembali," urai Masjaya.

Rektorat, lanjut Masjaya, sudah memberikan edaran ke semua dekan untuk menerima mahasiswa dari Universitas Tadulako. Penerimaan ini dilakukan tanpa syarat. "Tidak ada syarat khusus. Dekan tidak boleh mendiskusikan itu lagi. Begitu dia bilang dari Tadulako, langsung dipersilakan belajar," tegas Masjaya.

Meski demikian, Masjaya mengaku tak tahu persis berapa jumlah mahasiswa Universitas Tadulako yang menumpang belajar di Unmul. Menurut Masjaya, pihaknya akan segera merekapitulasi jumlah mahasiswa tersebut.

"Yang lewat saya ada beberapa puluh. Tapi yang lewat fakultas saya belum tahu. Nanti kita minta tiap fakultas merekapitulasi. Berapa jumlahnya, jurusannya apa," kata Masjaya.

Baca: Bayi Usia 2 Bulan Ditemukan Dalam Kondisi Hidup di atas Pohon Setelah Terseret Tsunami Palu

Hasil rekapitulasi tersebut akan diserahkan ke Universitas Tadulako sebagai laporan. "

Jadi kita serahkan nanti laporannya. Ini mahasiswa Tadulako yang belajar di Unmul. Nanti kalau Tadulako sudah bagus kembali, mereka kita kembalikan," kata Masjaya yang terpilih kembali sebagai Rektor Unmul.

Selain menampung mahasiswa Tadulako, Unmul juga memberikan bantuan kepada mahasiswanya asal Sulteng, yang turut terkena bencana tersebut.

"Mahasiswa kita yang asal Palu, yang keluarganya, rumahnya juga terkena bencana tersebut, juga kita beri bantuan," tutur Masjaya.

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved