Gempa dan Tsunami Sulteng

Masih Di Donggala, Tagana Kaltim Fokus Rehabilitasi Mental Korban Gempa dan Tsunami

Tagana Kaltim dibawah naungan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kaltim hingga saat ini masih berada di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Masih Di Donggala, Tagana Kaltim Fokus Rehabilitasi Mental Korban Gempa dan Tsunami
HO/Dinsos Kaltim
Personel Tagana Kaltim bermain bersama anak korban gempa dan tsunami di kecamatan Sindue, Donggala, merupakan salah satu bentuk layanan psikososial, Kamis (18/10/2018). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tagana Kaltim dibawah naungan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kaltim hingga saat ini masih berada di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sebanyak 16 personel Tagana saat ini masih menjalani misi kemanusiaan di lokasi bencana, tepatnya di Kecamatan Sindue, dengan menangani 13 desa, diantaranya Dalaka, Lero Tatari, Lero, Funta, Toaya, Sumari, Kumbasa, Daripa, Amal, Massaingi, Maranna, Marana Tobohu, dan Nu.

"Selain personel Tagana Kaltim, di sana kita juga bersama Tagana Jawa Timur, dan anggota Marinir," ucap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kaltim, Ahmadin, Kamis (18/10/2018).

Baca: Isak Tangis Iringi Pemberian Bantuan Koban Gempa Sulteng di PPU

Selain dapur umum, serta tempat pengungsian, personel Tagana juga melakukan pendampingan mental terhadap korban gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September silam.

Hal itu penting dilakukan guna penyembuhan traumatik, dan merehabilitasi mental korban agar dapat kembali pulih.

"Pendampingan yang kita lakukan untuk mengembalikan fungsi mental mereka, agar siap kembali menjalani kehidupan sehari-hari, dan memang perlu waktu hingga mental mereka benar benar pulih," terangnya.

Lanjut dia menjelaskan, hingga saat ini proses bantuan kepada korban bencana, relatif berjalan dengan lancar.

Distribusi makanan ke 13 desa yang ada berjalan dengan kondusif. Dan, saat ini masih terdapat warga yang berada di posko pengungsi, karena rumah mereka rusak berat akibat diterjang tsunami.

"Sejauh ini berjalan dengan lancar, dapur umum setiap hari kita operasikan, termasuk layanan lainnya di posko, seperti dukungan psikososial," ucapnya.

Baca: Gempa Hari Ini, Lombok Utara Diguncang Gempa 4,8 SR Kamis Pagi, Getaran Terasa di Gili Trawangan

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved