Gelar Miss Earth Salwa Akar dari Lebanon Dicopot, Gara-gara Foto Bareng Miss Israel

Kampanye perdamaian yang diserukan oleh peserta Miss Earth asal Lebanon, Salwa Akar, harus berakhir dengan pencopotan gelar

Gelar Miss Earth Salwa Akar dari Lebanon Dicopot, Gara-gara Foto Bareng Miss Israel
dailymail.co.uk
Salwa Akar, Miss Earth dari Lebanon, dipaksa menanggalkan mahkotanya karena kedapatan berfoto bersama Dana Zreik, seorang Miss Israel. 

TRIBUNKALTIM.CO,  MANILA -- Kampanye perdamaian yang diserukan oleh peserta Miss Earth asal Lebanon, Salwa Akar, harus berakhir dengan pencopotan gelar.

Setelah berfoto dengan Miss Earth Israel Dana Zreik, Akar kehilangan gelarnya mewakili Lebanon di ajang Miss Earth yang diselenggarakan di Filipina.

Melansir Daily Mail, Kamis (18/10/2018), foto yang beredar di media sosial menunjukkan Akar dan Zreik saling melingkarkan lengan dengan salah satu tangan masing-masing membuat tanda "damai".

Kemudian, penyelenggara Miss Earth Lebanon mengeluarkan pernyataan kepada media setempat mengenai kebijakan yang secara tegas menolak hubungan dengan Israel.

Manajemen Miss Earth Lebanon juga mengaku telah menarik gelar Akar. Menanggapi keputusan tersebut, Akar menegaskan akan terus berkompetisi dalam kontes Miss Earth meski gelarnya dicopot.

"Saya tidak butuh gelar untuk menjadi diri saya sendiri," tulisnya di Facebook.

"Saya akan menyelesaikan apa yang saya mulai baik dengan atau tanpa dukungan dan cinta kalian," tulisnya.

"Tuhan selalu berada di sisi saya, dia mengerti saya lebih dari siapa pun, dan dia tahu apa yang ada di hati saya. Om Shanti," imbuhnya.

Jerusalem Post mewartakan, pemerintah Lebanon melarang warganya mengunjungi Israel atau memiliki hubungan dengan orang Istael.

Insiden Miss Earth ini bukanlah kontes kecantikan pertama yang membuat warga Lebanon mengalami kesulitan.

Dalam kontes Miss Universe di Miami pada 2015, Miss Lebanon Sally Greige mendapat teguran usai selfie bersama Miss Israel Doron Matalon.

Salwa Akar mengenakan mahkota sebagai Miss Earth
Salwa Akar mengenakan mahkota sebagai Miss Earth (Angelopedia)

Greige mengaku Matalon diadang tiba-tiba untuk berfoto, dia diizinkan mempertahankan gelarnya. Kompetisi Miss Earth akan diadakan untuk tahun ke-18 di Filipina pada 3 November mendatang.

Kontes ini bertujuan mempromosikan kesadaran lingkungan dengan 89 negara yang berpartisipasi pada tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berfoto dengan Kontestan Israel, Gelar Miss Earth Lebanon Dicopot", https://internasional.kompas.com/read/2018/10/19/13303301/berfoto-dengan-kontestan-israel-gelar-miss-earth-lebanon-dicopot.
Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Veronika Yasinta

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved