Gempa dan Tsunami Sulteng

Saat Gempa Terjadi, Aria Merasa Seperti Berselancar di atas Lumpur

Bencana alam yang menimpa Sulawesi Tengah Jumat (28/10/2018) masih meninggalkan kenangan yang dalam untuk beberapa orang.

Saat Gempa Terjadi, Aria Merasa Seperti Berselancar di atas Lumpur
Tribun Kaltim/Andrias Hilbert Lapian
Aria dan ibunya (kanan-kiri ujung) bersama adik-adiknya mengungsi di Balikpapan. Aria menjadi salah satu saksi hidup likuefaksi di desa Jono Oge Sulteng yang hilang bak ditelan bumi. 

Saat Gempa Terjadi, Aria Merasa Seperti Berselancar di atas Lumpur

TRIBUNKALTIM.CO – Bencana alam yang menimpa Sulawesi Tengah Jumat (28/10/2018) masih meninggalkan kenangan yang dalam untuk beberapa orang.

Salah satunya Aria Kiven Sambiran, siswa yang bersekolah di SMA Negeri 2 Palu ini sedang mengikuti Bible Camp bersama dengan 90 orang murid kelas 10 lainnya. Mereka mengikuti kegiatan itu di Desa Jono Oge, Kabupaten Sigi.

Aria berangkat bersama rombongannya sekitar pukul 14.00 dari SMAN 2 Palu meninggalkan keluarganya, ibunya sedang hamil 2 bulan.

Tak ada firasat apa-apa kala ia dan teman-temannya bertolak ke salah satu desa yang paling terdampak likuefaksi tersebut.

Sesampainya di sana, anak-anak itu langsung diarahkan ke aula salah satu gereja di desa untuk berdoa.

Baca: Mengintip Masjid Darurat Bantuan Swiss untuk Korban Gempa Palu, Ada Karpet dan Pengeras Suara Azan

Sekitar pukul 18.00 gempa terjadi. Anak-anak itu berhamburan keluar menyelamatkan diri. Salah satu teman Aria yang ia panggil Kevin menyelamatkan diri ke tembok.

Aria memberitahunya agar keluar ke jalan raya, namun Kevin enggan. Akhirnya ia meninggalkannya.

Ia melihat lumpur menyembur dari segala arah, tanah bergelombang, aula yang ia tempati beberapa menit sebelumnya tak terlihat lagi karena hancur tertimbun.

Ia melihat banyak warga tertimbun. Kelompoknya menuju ke suatu lapangan yang tidak bergelombang. Namun itu hanya sebentar saja, lapangan itu juga hancur, disitulah ia dan kelompok terpisah.

Halaman
12
Penulis: Andrias Hillbert Lapian
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved