Edisi Cetak Tribun Kaltim

Pengungsi Palu perlu Bantuan Tiket

Posko darurat korban bencana Palu dan Donggala di Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan masih didatangi pengungsi dari Sulawesi Tengah

Pengungsi Palu perlu Bantuan Tiket
Tribun Kaltim

Pengungsi Palu perlu Bantuan Tiket

TRIBUNKALTIM.CO  - Posko darurat korban bencana Palu dan Donggala di Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan masih didatangi pengungsi dari Sulawesi Tengah, Sabtu (20/10).

Kemarin pagi sebanyak 57 pengungsi kembali datang.

"Sabtu pagi pengungsi gelombang pertama 30 orang, disusul 27 orang. Ditambah hari sebelumnya Jumat (19/10) sejumlah 46 orang," ujar Mulyono, Koordinator di Posko Informasi di Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan.

Dari sejumlah pengungsi tersebut, dikatakan oleh Mulyono, sekitar pukul 08.50 wita Sabtu (20/10), 39 pengungsi Palu sudah diberangkatkan kembali menuju Palu menggunakan pesawat CN295 dengan Tail Number A-2901 milik TNI AU dengan Capt Helmi sebagai pilot.

Ditambah lagi 46 pengungsi yang juga sudah terbang Sabtu (20/10) menuju lokasi sanak saudaranya di berbagai daerah seperti Samarinda, Yogyakarta, Manado dan sebagainya via Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Total ada 85 pengungsi yang sudah meninggalkan posko pengungsian di Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan.

Baca: Kisah Ramna, Korban Gempa Palu yang Selamat dari Likuefaksi, Selamat Karena Dimuntahkan Bumi

"Untuk besok (Minggu, red) ada lagi pesawat TNI AU yang merapat. Hingga saat ini ada 29 pengungsi yang mendaftar untuk ikut ke Palu, dan mungkin masih akan bertambah," ujarnya.

Sebagai informasi, posko pengungsian Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan dilengkapi dengan 10 tenda dengan kapasitas 300 orang, dengan 2 dapur umum, 16 kamar mandi permanen, dan 6 kamar mandi portable.

Hingga saat ini, kebutuhan makan para pengungsi tercukupi dari bantuan dari masyarakat. "Di sini pengungsi makan ya seperti biasa, pagi, siang, malam. Tapi kalau butuh makanan tambahan kami sediakan misalnya Pop Mie, jajanan ringan dan lainnya, dan semuanya gratis," ujar Hartanto, anggota TNI yang bertugas di posko pengungsian Lanud Dhomber TNI AU Balikpapan selaku Sie Perkap dan Akomodasi.

Hartanto mengatakan, setiap ada pengungsi yang tiba, langsung didata dan diarahkan untuk memenuhi kebutuhan perutnya. Bagi yang mengalami gangguan kesehatan akan segera diarahkan ke posko kesehatan di Lanud Dhomber.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved