Sabu-sabu Seberat 18,3 Kilogram Dimusnahkan Polda Kalimantan Utara

Sedikitnya 18,3 kilogram sabu-sabu atau 18.319,62 gram dimusnahkan Direktorat Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara

Sabu-sabu Seberat 18,3 Kilogram Dimusnahkan Polda Kalimantan Utara
Tribun Kaltim/M Arfan
Kegiatan pemusnahan sabu-sabu di Mapolda Kalimantan Utara, Rabu (31/10/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Sedikitnya 18,3 kilogram sabu-sabu atau 18.319,62 gram dimusnahkan Direktorat Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara, Rabu (31/10/2019) di halaman Mapolda. Pemusnahan ini tergolong besar dari pemusnahan-pemusnahan yang dilakukan sebelumnya.

Dari 7 laporan polisi yang masuk, barang bukti besar yang diamankan polisi adalah pengungkapan pada tanggal 13 September di perairan Sebatik, Kabupaten Nunukan. Tim operasional lapangan Ditreskoba bersama Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam berhasil mengamankan 5 kilogram lebih, persisnya 5.015,8 gram.

"Kami bekerjasama dengan Satgas Pamtas melakukan penyelidikan dan penggeledahan terhadap sebuah speedboat di perairan Sebatik. Kami menemukan 5 bungkus plastik yang disimpan di peti kecil warna orange. Barang bukti langsung kami amankan bersama pelakunya," kata Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit melalui Dirnarkoba Polda Kalimantan Utara, Kombes Pol Adi Affandi.

Baca: 2 Pengedar Sabu di Balikpapan Dibekuk Polisi, Pelaku Sempat Buang Barang Bukti ke Dapur

Penangkapan lainnya, pada 16 September. Polisi mengamankan 11,667 kilogram sabu-sabu di sebuah penginapan di Sebatik, Kabupaten Nunukan. Polisi mengamankan dua tersangka di kamar penginapan tersebut. Kemudian mengembangkannya dan berhasil menangkap 5 tersangka lain di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

Tanggal 4 Oktober, Ditreskoba Polda Kalimantan Utara mengungkap lagi kasus kepemilikan sabu-sabu di Jalan Wisata, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan. Polisi berhasil mengamankan sabu-sabu seberat 1,4 kilometer.

Tersangka berjenis kelamin perempuan juga diamankan pada kasus yang berbeda. Polisi menciduk S alias Hj Lolo dengan barang bukti sabu-sabu sebanyak 47,17 gram.

Kasus lainnya yang diungkap pada 29 September di Tarakan Barat dengan barang bukti sabu-sabu seberat 94,7 gram, pada 19 Oktober di Tarakan Tengah dengan barang bukti 17,69 gram, dan pada 19 Oktober di Tarakan Tengah juga berhasil mengamankan sabu-sabu seberat 31,9 gram.

"Total yang kita musnahkan 18.319,62 gram," ujarnya.

Baca: Simpan Sabu dalam Buku dan Wafer, Pengedar di Balikpapan Dibekuk Polisi

Pemusnahan ini turut dilakukan oleh Ketua DPRD Kalimantan Utara Marten Sablon dan Kepala Kesbangpol Kalimantan Utara Basiran.

Pemusnahan dilakukan dalam wadah yang berisi air disaksikan pegawai kejaksaan dan para tersangka. Setelah dilarutkan barang bukti sabu-sabu  tersebut dituang ke dalam galian tanah.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved