Berita Video

VIDEO - Kemenpar Serius Kembangkan Klasterisasi Destinasi Ekowisata

Kedekatan sungai ini dengan kehidupan sosial masyarakat, maka membuat pemerintah daerah menggelar sebuah festival di sekitar Sungai Mahakam.

VIDEO - Kemenpar Serius Kembangkan Klasterisasi Destinasi Ekowisata
TRIBUN KALTIM / CAHYO WICAKSONO PUTRO
Genderang tanda dibukanya acara Festival Mahakam 2018 sudah ditabuh, yang ditandai pementasan tarian pesisir serta tarian pedalaman adat Dayak Kalimantan Timur, Jumat (2/11/2018) 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono Putro

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sungai Mahakam yang melintasi Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir menjadi sumber penghidupan bagi penduduk, terutama nelayan dan petani.

Sungai sepanjang 920 km ini berfungsi sebagai sumber air dan jalur transportasi sejak dulu hingga sekarang.

Baca: PSMS Medan Vs Borneo FC - Tim Juru Kunci Hentikan Rekor Positif Pesut Etam

Kedekatan sungai ini dengan kehidupan sosial masyarakat, maka membuat pemerintah daerah menggelar sebuah festival di sekitar Sungai Mahakam.

"Kita telah didukung oleh sarana dan prasarana, dari bandara Apt. Pranoto, yang beberapa waktu lalu telah diresmikan oleh Pak Presiden, itu artinya peluang bagi wisata budaya di Kaltim, dan Samarinda khususya," ujar Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, dalam acara pemukulan gendang tanda dibukanya Festival Mahakam 2018, Jumat (2/11/2018).

Baca: Siapa Kandidat Kapten di Piala AFF 2018? Ini Penjelasan Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Tujuannya, tentu saja untuk memperkenalkan Kota Samarinda dan Sungai Mahakam sebagai tujuan wisata.

"Festival Mahakam digelar dengan berbagai agenda wisata menarik yang sayang bila sampai tertinggal," ucapnya.

Lomba menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu tambangan, power boating, perahu dompeng, lomba balap perahu naga, dan jet ski jadi ajang seru di Festival Mahakam.

Baca: LIVE STREAMING RCTI Arsenal vs Liverpool Jam 00.30 WIB, Sama-sama Pincang!

"Tempat wisata kita kan banyak sebenarnya, hanya saja belum diperhatikan secara rinci, padahal dengan adanya Bandara Apt. Pranoto, itu mempermudah para wisatawan intuk menuju ke Samarinda," tuturnya.

Tak hanya kompetisi seru, Festival Mahakam juga makin ramai dengan pergelaran musik, pentas budaya lokal, lomba kirab drumband, pawai budaya, pameran UMKM, pameran batu mulia, dan yang tak terlewatkan, yakni festival kuliner.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved