Festival Ekonomi Syariah

Berjualan Mutiara di FESyar, Muksin Raup Untung Rp 30 Juta

Harga mutiara laut dibanderol cukup tinggi. Sekitar dua juta sampai lima juta lebih untuk satu buah kalung dan gelang.

Berjualan Mutiara di FESyar, Muksin Raup Untung Rp 30 Juta
TRIBUN KALTIM
Muksin penjual mutiara asal Lombok yang berjualan kerajinan terbuat dari mutiara di Festival Ekonomi Syariah, Balikpapan. 

BALIKPAPAN - Mutiara merupakan hasil produksi laut yang cukup bernilai. Dari kerang mutiara menghasilkan butiran mutiara yang indah. Namun untuk menghasilkan mutiara, tentunya butuh waktu yang cukup lama.

Itulah yang dikemukakan oleh Muksin owner Akram Mutiara Lombok di tenan Festival Ekonomi Syariah Bank Indonesia Kawasan Indonesia Timur, Minggu (4/11/2018) di Balikpapan.

Untuk jenis mutiara laut membutuhkan waktu sekitar lima tahun. Dari lamanya waktu itu belum tentu mendapatkan mutiara yang diidamkan. "Kadang kosong kalau dibuka. Itu tergantung dari kedalaman laut sama jenis perawatan petani mutiaranya," kata Muksin.

Mutiara dibagi menjadi dua jenis yaitu mutiara laut dan tawar. Untuk ukuran mutiara air tawar berbeda dengan air laut. Ukuran mutiara tawar lebih kecil dibandingkan dengan mutiara laut. Meskipun ukurannya kecil mutiara air tawar memiliki bermacam-macam warna. Pori-pori lebih besar dibandingkan dengan mutiara air laut.

Masuknya air, suhu dan mikroorganisme menyebabkan perubahan warna dari mutiara tersebut. Untuk harga berbdet dengan mutiara laut. "Sekitar Rp 150 ribu untuk satu gelang dan cincin mutiara tawar," katanya. Harga mutiara laut dibanderol cukup tinggi. Sekitar dua juta sampai lima juta lebih untuk satu buah kalung dan gelang.

Dari penuturannya selama ikuti pameran FESyar meraup Rp 30 juta. "Kebanyakan yang laris gelang dan cincin. Desainnya enggak pasaran sehingga jarang kembaran. Satu desain paling tiga jenis yang sama," katanya. (*)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved