Berita Video

VIDEO - Ribuan Suku Dayak Hadiri Parade Seribu Mandau di Festival Mahakam

Kemudian Agnes menjelaskan, bahwa kesempatan tahun ini sebagai ajang pengenalan senjata khas Suku Dayak

VIDEO - Ribuan Suku Dayak Hadiri Parade Seribu Mandau di Festival Mahakam
TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Sejumlah masyarakat dayak dari pulau Kalimantan berjalan melintasi jalan Gajah Kota Samarinda Mada mengikuti Parade 1000 mandau memeriahkan Festival Mahakam, Minggu( 4/11/2018) 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono Putro

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Festival Mahakam 2018 diisi dengan perlombaan yang seru seperti lomba menyebrangi Sungai Mahakam, balap perahu tambangan, power boating, perahu dompeng, lomba balap perahu naga,  dan jet ski.

Pada Minggu (4/11/2018) Festival Mahakam menggelar parade 1000 mandau dihadiri oleh 1200 masyarakat Suku Dayak yang berasal dari setiap wilayah di Kaltim hingga luar Kaltim.

Baca: Jonathan Bauman Alami Cedera, Bisakah Merumput di Pertandingan Persib Bandung Berikutnya?

"Ada kurang lebih 1200 masyarakat Suku Dayak, yang terdiri dari Suku besar yang seluruhnya berasal dari Kalimantan," jelas Kepala Kepala Bidang Pengembangan Desyinasi dan Wisata, Kota Samarinda, Agnes Gering.

Kemudian Agnes menjelaskan, bahwa kesempatan tahun ini sebagai ajang pengenalan senjata khas Suku Dayak, yang telah menjadi ikont di Kalimantan.

"Mandau yang telah menjadi ikont Kaltim memang menjadi fokus pada acara Festival Mahakam 2018 ini kita akan terus tonjolkan," tambahnya.

Baca: Live Streaming MNC TV Manchester City vs Southampton Malam Ini, Bisa Nonton Lewat HP

Kemudian salah satu peserta parade, yang sekaligus sebagai Kordinator parade Masyarakat Dayak yang mencapai 1200, mengungkapkan bahwa Ide mengusung tema parade 1000 mandau adalah hasil rembuk yang dihadiri dari beberapa perwakilan kepala suku Dayak, bersama pemerintah daerah, yang sudah berlangsung dari tahun 1996 silam.

"Ide itu sebenarnya sudah lama sejak tahun 96, pada saat saya menjalani pendidikan di Universitas Widyagama, banyak bagian ragam jenis mandau, maka harapan saya mengapa saya usulkan adanya parade ini  agar masyarakat suku dayak dan seluruh masyarakat melestarikan budaya kita, bahkan dinluar negeri mandau telah di ketahui sebagai ikont dari suku dayak," ungkap Gelollw Koordinator Pelaksana Peserta suku dayak dari seluruh wilayah di Kalimantan.

Baca: Satu Pun Pemain Papua Tak Masuk Skuad Timnas Piala AFF 2018, Ini Alasan Pelatih Bima Sakti

Gelollw berharap festival Mahakam bisa mendongkrak kedatangan wisata lokal, khususnya untuk memperkenalkan senjata khas dayak.

"Parade 1000 mandau ini adalah yang pertama dan terakhir kalinya, terkecuali dari pemerintah kembali berkeinginan untuk terus melestarikan kebudayaan kita ini, harapannya setiap tahun terus diadakan pelestarian ini," ujarnya.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved