Pileg 2019

Sempat Molor Terima Desain dari Parpol, KPU Kaltara Akhirnya Mulai Mencetak APK Peserta Pemilu

pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara baru mencapai 10 persen.

Sempat Molor Terima Desain dari Parpol, KPU Kaltara Akhirnya Mulai Mencetak APK Peserta Pemilu
Tribun Kaltim/M Arfan
Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami meninjau APK yang sebagian telah selesai tercetak di salah satu tempat usaha percetakan di Tanjung Selor, Rabu (7/11/2018). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Progres pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara baru mencapai 10 persen.

Untuk diketahui, APK yang difasilitasi oleh KPU Provinsi ialah baliho ukuran 3x5 untuk semua peserta pemilu yang terdiri atas partai politik, tim kampanye pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, serta perseorangan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami menjelaskan, masih minimnya progres pencetakan itu disebabkan keterlambatan beberapa peserta pemilu menyampaikan dan menyerahkan desain APK ke KPU Provinsi. Sehingga, KPU pun kata Suryanata harus menunggu semua peserta pemilu menyerahkan desain dan materi APK-nya sebelum disampaikan ke percetakan.

Baca: KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi Pemasangan APK

"Jadi ada keterlambatan penyerahan desain dari partai politik sehingga kita juga lambat menyerahkannya ke sini (percetakan)," kata Suryanata Al Islami kepada Tribunkaltim.co di sela-sela meninjau percetakan APK di salah satu usaha percetakan di Tanjung Selor, Rabu (7/11/2018).

Sedikit terlambatnya proses percetakan ini tidak lantas membuat KPU khawatir. Suryanata mengatakan, batas waktu kampanye masih cukup panjang hingga 13 April 2019 mendatang. Ia menarget, APK yang difasilitasi oleh KPU itu sudah bisa diserahkan kepada peserta pemilu pada pekan kedua November ini.

"Setelah nanti diserahkan, pemasangan, perawatan, dan yang menjaga APK ini adalah teman-teman peserta pemilu sendiri," ujaranya.

Baca: KPU Kaltara Tunggu Beberapa Regulasi soal Logistik Pemilu dan KTPE

Suryanata mengatakan, APK yang tengah proses pencetakan ini sudah mencakup kebutuhan semua peserta pemilu. Namun minus satu partai politik di Kalimantan Utara karena tidak mengajukan calonnya dalam pemilihan legislatif di DPRD Provinsi.

APK yang difasilitasi oleh KPU Kalimantan Utara adalah baliho berukuran 3x5 meter dengan rincian masing-masing 11 lembar untuk 15 partai politik, 16 lembar untuk masing-masing tim kampanye dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, dan 5 lembar untuk masing-masing 23 calon anggota DPD.

KPU Kalimantan Utara sebutnya sengaja melakukan pencetakan APK di dalam daerah. Selain menghidupkan usaha lokal, juga untuk memudahkan proses distribusi.

"Walau di luar daerah harganya mungkin sedikit murah, tetapi proses distribusinya akan sedikit panjang dan juga tetap memakan anggaran yang tinggi," ujarnya.

Baca: KPU Kaltara Belum Mau Berasumsi Peluang Perubahan DPT Jelang Pemilu 2019

"Kalau sudah selesai, kami akan undang peserta untuk serah terima APK. Setelah itu peserta pemilu akan pasang di titik-titik yang sudah ditetapkan oleh kami KPU," jelasnya.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved