Ratusan Sapi untuk Kebutuhan Natal dan Tahun Baru Tiba di Samarinda Melalui Jalur Tol Laut

Ketersediaan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat Kaltim hingga akhir tahun 2018 dinilai telah mencukupi.

Ratusan Sapi untuk Kebutuhan Natal dan Tahun Baru Tiba di Samarinda Melalui Jalur Tol Laut
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Kepala Dinas Peternakan Kaltim Dadang Sudarya (kiri) melihat kondisi sapi program Pemerintah RI di dalam kapal Camar Nusantara 5 yang sandar di Pelabuhan Samarinda jalan Yos Sudarso Kalimantan Timur, Rabu(7/11/2018). Sebanyak 498 sapiĀ  asal Kupang akan disebar ke seluruh Kaltim untuk dikonsumsi. 

Ratusan Sapi untuk Kebutuhan Natal dan Tahun Baru Tiba di Samarinda Melalui Jalur Tol Laut

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ketersediaan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat Kaltim hingga akhir tahun 2018 dinilai telah mencukupi.

Terpenuhinya kebutuhan daging sapi itu, setelah KM Camar Nusantara 5, kapal khusus ternak yang merupakan program tol laut Presiden Joko Widodo sandar di pelabuhan Samarinda, jalan Yos Sudarso, Rabu (7/11/2018) malam tadi.

Kapal tersebut membawa 498 sapi jenis Bali asal Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menempuh perjalanan kurang lebih empat hari dari pelabuhan Kupang.

Nantinya, sapi-sapi tersebut akan didistrubusikan ke rumah pemotongan hewan, maupun jagal hewan, yang selanjutkan di pasarkan ke setiap daerah di Kaltim.

Hasil Liga Champions - Juventus Takluk 1-2 dari Manchester United, Gol Cristiano Ronaldo Sia-sia

 

"Sapi ini didatangkan untuk kebutuhan konsumsi, bukan untuk dikembangbiakan. Karena yang datang semuanya jantan," ucap Kepala Dinas Peternakan Kaltim, Dadang Sudarya, Kamis (8/11/2018).

"Sapi ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pada Natal dan Tahun baru 2018. Untuk memenuhi kebutuhan daging segar masyarakat," tambahnya.

Lanjut dia menjelaskan, tibanya KM Camar Nusantara 5 ke Kaltim merupakan yang keenam kalinya membawa sapi untuk konsumsi, keseluruhan telah terdapat 2.598 ekor sapi yang didatangkan.

Jadwal Fuzhou China Open 2018 - Indonesia Punya 10 Wakil, Jonatan Christie Vs Anthony Ginting

 

Kebutuhan konsumsi daging sapi di Kaltim tergolong tinggi, hal itu dipengaruhi karena terdapat perusahaan-perusahaan yang membutuhkan daging sapi untuk karyawannya, termasuk tempat usaha rumah makan.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved