Piala AFF 2018

Piala AFF 2018 - Tak Ada Pemain Asal Papua di Timnas Indonesia, Ini Alasannya

Dalam skuat Timnas Indonesia saat ini, tak ada nama pemain asal Papua yang seringkali menjadi andalan pemain Timnas di Edisi Piala AFF sebelumnya.

Piala AFF 2018 - Tak Ada Pemain Asal Papua di Timnas Indonesia, Ini Alasannya
Instagram/ @pssi__fai
PSSI resmi mengumunkan Bima Sakti sebagai pelatih kepala Timnas Senior Indonesia melalui laman resmi PSSI, Minggu (21/10/2018). 

Tak Ada Pemain Asal Papua di Timnas Indonesia Kali Ini. Ini Alasannya 

TRIBUNKALTIM.CO - Timnas Indonesia kembali ikuti Piala AFF 2018.

Mulai laga hari ini, Singapura menjadi lawan pertama.

Pertandingan Grup B Piala AFF antara Indonesia VS SIngapura ini akan dimulai Jumat (9/11/2018), sekira pukul 19.00 WIB. 

Dalam skuat Timnas Indonesia saat ini, tak ada nama pemain asal Papua yang seringkali menjadi andalan pemain Timnas di Edisi Piala AFF sebelumnya. 

Untuk hal itu, Pelatih tim nasional Indonesia, Bima Sakti, meminta maaf atas keputusannya yang tidak memanggil satu pun pemain Papua dalam skuad Piala AFF 2018.

Bima Sakti
Bima Sakti (Dok tribunkaltim.co)

Menurut Bima, keputusan yang diambilnya ini murni hanya terkait dengan urusan sepak bola.  

"Saya mohon maaf kali ini tidak ada pemain Papua. Namun, tidak ada tujuan lain, semua demi tim dan saya menilai di Papua banyak pemain bagus," kata Bima seusai menghadiri acara AFF Trophy Tour di Jakarta, Minggu (4/11/2018).  

Piala AFF 2018 - Ini Pesan Bima Sakti untuk Suporter Indonesia yang Bersiap Melawat ke Singapura

Tanding Jumat Ini, Pelatih Bima Sakti Sebut Timnas Miliki Komposisi Sayap yang Bagus

Bima mengaku pada awalnya tertarik memanggil Todd Rivaldo Ferre, salah satu pemain timnas U-19 yang dinilai tampil apik pada Piala Asia U-19. Namun, demi kelangsungan karier Todd yang lebih baik pada masa depan, Bima mengurungkan niatnya itu.   

"Dia masih berumur 19 tahun. Terlalu cepat naik ke senior. Perlu proses dulu. Namanya kemarin juga belum dimasukkan ke 50 nama (pendaftaran awal)," ucap Bima.  

Sebagai informasi, dalam keikutsertaan di Piala AFF (dulu Piala Tiger), timnas Indonesia tercatat selalu diperkuat pemain asal Papua. Namun, hal serupa tidak dilakukan Bima pada Piala AFF 2018.  

Pemain timnas Indonesia Boaz Solossa saat bertanding melawan Thailand pada laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand dan akan bertanding di final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang.
Pemain timnas Indonesia Boaz Solossa saat bertanding melawan Thailand pada laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand dan akan bertanding di final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang. (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

Dari 23 pemain yang dipanggil, tak ada satu pun yang berasal dari Papua.  

"Banyak pemain bagus di Papua. Mungkin di event selanjutnya bisa diikutsertakan," kata Bima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Timnas Indonesia Tanpa Pemain Papua, Bima Sakti Minta Maaf", https://bola.kompas.com/read/2018/11/04/18300028/timnas-indonesia-tanpa-pemain-papua-bima-sakti-minta-maaf

Editor: Anjas Pratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved