Jakarta Utara Siapkan 8.000 Karung Pasir Hadapi Banjir di Musim Hujan

Jakarta Utara menyiapkan 8.000 karung pasir untuk mengatasi banjir dan penanggulangan tanggul jebol di wilayah itu.

Jakarta Utara Siapkan 8.000 Karung Pasir Hadapi Banjir di Musim Hujan
Kompas/Setyo Adi
Warga melewati genangan air dari rembesan air laut yang menembus tanggul karung pasir di Muara Baru, Penjaringan, Jakata Utara, Rabu, (3/1/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA-- Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara Santo mengatakan, pihaknya menyiapkan 8.000 karung pasir untuk mengatasi banjir dan penanggulangan tanggul jebol di Jakarta Utara.

Menurut Santo, masing-masing kecamatan di Jakarta Utara menyiapkan 1.000 karung pasir. Sementara sisanya disiapkan oleh Sudin SDA Jakarta Utara.

"Totalnya 8.000 (karung pasir). Jadi, masing-masing kecamatan nyiapin 1.000, untuk sudin 2.000," ujar Santo saat dihubungi, Sabtu (10/11/2018).

Santo menyampaikan, karung-karung pasir itu ditaruh di gudang tiap-tiap kecamatan. Karung pasir itu nantinya didistribusikan ke lokasi-lokasi tanggul jebol yang menyebabkan wilayah sekitarnya banjir.

Warga melewati genangan air dari rembesan air laut yang menembus tanggul karung pasir di Muara Baru, Penjaringan, Jakata Utara, Rabu, (3/1/2018).
Warga melewati genangan air dari rembesan air laut yang menembus tanggul karung pasir di Muara Baru, Penjaringan, Jakata Utara, Rabu, (3/1/2018). (Kompas/Setyo Adi)

"Belum dipakai. Kalau ada tanggul bocor, kita bisa manfaatin itu atau (air) limpas," kata dia.

Santo menyampaikan, salah satu lokasi yang dikhawatirkan bocor atau jebol yakni tanggul di kawasan Kampung Luar Batang, Penjaringan. Tanggul itu bocor pada 2017 lalu.

"Saya takutnya yang Luar Batang itu, makanya saya siapin karungan pasir, takut kayak tahun kemarin," ucap Santo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8.000 Karung Pasir Disiapkan untuk Atasi Banjir dan Tanggul Jebol di Jakarta Utara", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/10/12412651/8000-karung-pasir-disiapkan-untuk-atasi-banjir-dan-tanggul-jebol-di.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Aprillia Ika

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved