Operasionalisasi Bandara APT Pranoto, Dua Maskapai Dapat Izin Rute dari Kementerian Perhubungan

Perlahan tapi pasti mulai terlihat kejelasan rencana terbang perdana dari Bandara APT Pranoto, Samarinda ke wilayah Jawa, November nanti.

Operasionalisasi Bandara APT Pranoto, Dua Maskapai Dapat Izin Rute dari Kementerian Perhubungan
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Pesawat PK-LPO Lion Air tipe Boeing 737-800 NG melakukan fam flight di bandara APT Pranoto Samarinda, sebagai persiapan penerbangan perdana mengangkut penumpang, Kamis (1/11/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Walaupun sedikit molor dari target dua pekan yang ditetapkan Presiden Jokowi, perlahan tapi pasti mulai terlihat kejelasan rencana terbang perdana dari Bandara APT Pranoto, Samarinda ke wilayah Jawa, November nanti.

Dua maskapai dikabarkan mendapatkan izin rute dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tercatat, ada empat maskapai, Xpress Air, Lion Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia sudah mengajukan rute penerbangan untuk empat kota tujuan.

Lion Air mengajukan tiga slot rute dari Samarinda ke Surabaya, Cengkareng (Jakarta), dan Makasar.

Batik dan Garuda mengajukan slot tujuan Cengkareng (Jakarta), sementara Xpress Air mengajukan tujuan Jogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Salman Lumoindong mengatakan, enam slot yang diajukan maskapai sudah diakomodir.

Dari koordinasinya dengan Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto beberapa hari terakhir, Batik Air di bawah Lion Air Grup, izin rutenya dari Samarinda menuju Surabaya sudah diterbitkan Kementerian Perhubungan.

Pelayanan rute Samarinda - Jakarta dan Surabaya menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 next generation dan Airbus A-320.

Dari informasi yang dihimpun, besar kemungkinan, mulai beroperasi pertengahan November ini. Khusus rute Samarinda - Surabaya, rencana akan terbang dua kali sehari.

"Tinggal persiapan mereka saja mengudara," kata Salman, Sabtu (10/11/2018) seraya menambahkan Xpress Air rute Samarinda-Yogyakarta juga sudah mendapat izin slot time dari dua bandara, dan menunggu izin rute Kemenhub.

Halaman
1234
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved