Satlantas Berau Tindak Ratusan Pengendara yang Melanggar Lalu Lintas

Sepekan Operasi Zebra 2018 yang digelar oleh Polres Berau di sejumlah titik, sudah berhasil menjaring ratusan pelanggaran.

Satlantas Berau Tindak Ratusan Pengendara yang Melanggar Lalu Lintas
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Sepekan Operasi Zebra 2018 yang digelar oleh Polres Berau di sejumlah titik, sudah berhasil menjaring ratusan pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara, baik sepeda motor maupun pengendara mobil. 

Satlantas Berau Tindak Ratusan Pengendara yang Melanggar Lalu Lintas

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Sepekan Operasi Zebra 2018 yang digelar oleh Polres Berau di sejumlah titik, sudah berhasil menjaring ratusan pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara, baik sepeda motor maupun pengendara mobil.

Kasatlantas Polres Berau, AKP Wisnu Dian Ristanto mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah memberikan tindakan tegas terhadap 584 pengemudi kendaraan bermotor dan lebih dari 200 peringatan yang disampaikan kepada pengguna jalan lainnya.

Pelanggaran didominasi oleh pengendara di bawah umur yang dipastikan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak mengenakan helm saat mengemudikan atau menumpang sepeda motor serta pelanggaran yang sifatnya administratif, seperti ketidaktaatan membayar pajak.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Capres-Cawapres? Mahfud MD Sebut Kurang Berat Badan dan Ibu Negara

 

“Kami punya tujuh jenis pelanggaran yang prioritas untuk ditindak, yakni pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan fatalitas (luka parah atau meninggal dunia). Dari 7 pelanggaran menyasar anak di bawah umur dan penggunaan helm. Kebanyakan (yang melanggar adalah pengendara) roda dua,” ungkapnya.

Wisnu menambahkan, pelanggaran-pelanggaran ini banyak ditemukan di sejumlah titik, terutama di ruas jalan penghubung, “Seperti di Tanjung Redeb-Teluk Bayur, Tanjung Redeb-Sambaliung banyak pelanggaran yang masih kami temukan dari para pengendara,” kata Wisnu.

Passing Grade Kurang 2 Poin, Peserta Tes CPNS 2018 Ini Menangis Meraung-raung

10 Kata Mutiara Para Pahlawan yang Menginspirasi Generasi Milenial, Soekarno hingga Cut Nyak Dien

 

Dari beberapa kali kegiatan Operasi Zebra Mahakam 2018 digelar, ada beberapa kasus di mana para pengendara memilih berbalik arah untuk menghindari razia.

Aksi semacam ini sangat membahayakan diri sendiri dan juga para pengguna jalan lainnya.

Karena itu, aparat kepolisian lebih memilih untuk tidak melakukan pengejaran terhadap pelaku yang berupaya menghindari razia, lantaran dikhawatirkan justru akan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Berdasarkan pengalaman, selama ini pengendara yang menghindari kejaran petugas justru nekat menerobos lalu lintas dan berisiko fatal.

Sejarah Hari Pahlawan, Misteri Tewasnya Jenderal Mallaby jadi Pemicu Perang Surabaya 10 November

Kecewa dengan Kualitas Wasit, Mario Gomez Ingin Persib Bandung Bermain di Liga Lain

Kasatlantas Polres Berau mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas, mematuhi rambu, mengenakan alat keselamatan seperti helm bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pegemudi dan penumpang mobil.

Termasuk dokumen kendaraan sebagai bagian kelengkapan kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu, pengemudi yang kedapatan mengemudikan kendaraan dalam kondisi mabuk akibat mengonsumsi minuman keras dan narkoba, serta pengemudi yang mengendarai kendaraan dalam kecepatan tinggi juga akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku. (*)
 

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved