Berita Video

VIDEO - Wahana Permainan Asal Jepang, Modal Rp 80 ribu Bisa Main Seharian

Sebabnya, konsep area permainan asal Jepang ini, sengaja didesain melalui penelitian mendalam oleh Mr. Tokuda Katsumi, Doctor of Education

VIDEO - Wahana Permainan Asal Jepang, Modal Rp 80 ribu Bisa Main Seharian
tribunkaltim.co/ nalendro
Puluhan anak-anak asyik bermain di Kidzooona, tempat bermain anak-anak terbaru, moderen dan edukatif yang baru dibuka di lantai satu Bigmall, Samarinda, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim.co Nalendro Priambodo

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Di zaman serba moderen, agak sulit rasanya menghindarkan gadget dari anak, apalagi orangtua. Namun, palingkan sedikit pandangan ke Kidzooona, tempat bermain anak-anak terbaru, moderen dan edukatif yang baru dibuka di lantai satu Bigmall, Samarinda, Sabtu (10/11/2018). Anda akan temukan canda tawa dan keceriaan anak dan orangtua bermain bersama berjam-jam tanpa diganggu gadget.

Baca: Piala Indonesia 2018 - Simak Hasil Lengkap Undian Babak 64 Besar

Sebabnya, konsep area permainan asal Jepang ini, sengaja didesain melalui penelitian mendalam oleh Mr. Tokuda Katsumi, Doctor of Education dari Japan Child Support Institute.

Di dalamnya terdapat tujuh pojok berisi puluhan item permainan sesuai dengan 'plesetan' bahasa Jepang 'Kizuna' yang filosofinua ikatan kuat antarindividu. Wahana ini berusaha menyajikan area bermain yang mengasah intelektual dan sosialisasi. Mengasah simulasi otak dengan olahraga yang menggerakkan saraf motorik halus dan dan kasar.

Semisal contoh, di  Narikiri Town, yang merupakan kota kecil tempat bermain peran. Di sana, anak-anak dapat belajar menjadi petugas pemadam kebakaran, polisi, dokter, sushi chef, petugas pos, penjual bunga didampingi orangtua.

Baca: BKN Beri Petunjuk dan Kisi-kisi Soal Ujian Seleksi Kompetensi Bidang/SKB CPNS 2018, Simak di Sini

Ada lagi, cyber whell berupa ban raksasa yang bisa dimasuki untuk melatih keseimbangan, air slider mirip flaying fox, plunsuran yang tergabung dalam area kolam yang berisi puluhan ribu bola.

Tak hanya itu, bagi anak usia dua tahun, disediakan areal berisi banyak mainan.  Orangtua diberikan banyak tempat duduk untuk berisitirahat jika lelah mengawasi. Bahkan, bagi anak usia setahun, disediakan tempat bermain gratis dilengkapi fasilitas memakan cemilan yang bisa dibawa dari luar wahana.

"Kenapa yakin Kidzoonia bagus dan berbeda, karena sekarang anak main gadget terus. Disinilah anak bisa menggerakkan fisik bergerak motorik dan keseimbangan tubuh keluar keringatnya. Semua permainan kita dikemas sangat aman kita hindari terbentur karena standar dari Jepang. Sebagian besar permainan dikirim dari Jepang," kata Operation Senior Manager PT AEON Fantasy Indonesia, Ivan Setyadi Amrie, Sabtu (10/11/2018) sore, di sela peluncuran.

Lanjut dia, sebagian besar mainan di Kidzooona didatangkan dari berbagai penjuru dunia, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Pengelola, senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengunjung. Termasuk kebersihan, dengan rutin mencuci peralatan dengan peralatan khusus.

Baca: UPDATE SKOR Persebaya vs PSM Makassar (1-0), Cuplikan Gol Pahabol Bobol Gawang Pemuncak Klasemen

Berbeda dengan wahana permainan di tempat lain yang banyak ditemui kerusakan. Ivan menjamin, sebagai pengelola, mereka tak akan kompromi soal keselamatan, dan kualitas area permainan. Setiap kerusakan, akan cepat digantikan yang baru.

Halaman
12
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved