Gempa dan Tsunami Sulteng

Santunan untuk Ahli Waris Korban Gempa Sulteng Belum Kunjung Disalurkan, Ini Penjelasan Kemensos

BNPB mencatat jumlah korban meninggal yang ditemukan tercatat 2.256 orang dan seluruhnya sudah dimakamkan.

Santunan untuk Ahli Waris Korban Gempa Sulteng Belum Kunjung Disalurkan, Ini Penjelasan Kemensos
Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Jenazah korban gempa dan tsunami Palu mulai dikuburkan secara massal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboyo Indah, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). 

Santunan untuk Ahli Waris Korban Gempa Sulteng Belum Kunjung Disalurkan, Ini Penjelasan Kemensos

TRIBUNKALTIM.CO - Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat mengatakan santunan ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana alam di Sulawesi Tengah belum disalurkan karena masih dilakukan proses verifikasi.

"Pemerintah memberikan santunan sebesar Rp15 juta per orang kepada ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di Sulawesi Tengah," ucap Harry seperti dikutip dari Antara, Senin (12/11/2018).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal yang ditemukan tercatat 2.256 orang dan seluruhnya sudah dimakamkan.

Napi Korban Gempa Sulteng yang Belum Kembali dengan Sukarela Punya Dua Pilihan, Sanksi atau Reward

10 Foto Awkarin Jadi Relawan Gempa Sulteng, Angkat Paket hingga Hibur Anak-anak di Pengungsian

Proses pencarian dan evakuasi korban meninggal dunia telah dihentikan sejak 12 Oktober, sesuai dengan prosedur standar operasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Korban meninggal dunia terbanyak ditemukan di Kota Palu (1.703 orang), kemudian Kabupaten Donggala (171 orang), Kabupaten Sigi (366 orang), Kabupaten Parigi Moutong (15 orang) dan Pasangkayu, Sulawesi Barat (satu orang).

Sementara itu, 1.309 orang dilaporkan hilang dan 4.612 orang luka-luka serta 223.751 orang mengungsi yang tersebar di 122 titik pengungsian.

Total bantuan dari Kementerian Sosial yang disalurkan untuk penanganan bencana di Sulawesi Tengah mencapai Rp44,561 miliar untuk masa tanggap darurat dan proses rehabilitasi sosial. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Cair, Santunan Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng Masih Diverifikasi",

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved