Dinkes Kaltara Segera Petakan Kebutuhan SDM RS Tanjung Selor

Dinas Kesehatan menginginkan setelah rampungnya pembangunan rumah sakit tersebut, langsung dapat dioperasikan melayani masyarakat.

Dinkes Kaltara Segera Petakan Kebutuhan SDM RS Tanjung Selor
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Maket RS Tipe B Tanjung Selor yang akan dibangun Pemprov Kaltara dipajang di gedung gabungan dinas Pemprov, Rabu (14/11/2018) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Bakal dimulainya pembangunan Rumah Sakit Tipe B di Tanjung Selor, Dinas Kesehatan Kalimantan Utara menyatakan segera memetakan jumlah sumber daya manusia (SDM) rumah sakit di seluruh Kalimantan Utara.

Pemetaan itu dilakukan dalam rangka penyiapan SDM Rumah Sakit Tipe B.

Dinas Kesehatan menginginkan setelah rampungnya pembangunan rumah sakit tersebut, langsung dapat dioperasikan melayani masyarakat.

"Setelah kita lakukan pemetaan, lalu kemungkinan kita akan meredistribusi karena perawat dan bidan kita cukup banyak," kata Usman, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara kepada Tribunkaltim.co, Kamis (15/11/2018).

Sesuai klasifikasinya, Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor akan memberikan pelayanan Medik, Kefarmasian, Keperawatan dan Kebidanan, Penunjang Klinik, Penunjang Non-Klinik, dan Rawat Inap.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, maka SDM yang dibutuhkan Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor terdiri atas Tenaga Medis, Tenaga Kefarmasian, Tenaga Keperawatan, Tenaga Kesehatan Lain, dan Tenaga Non-Kesehatan.

"Yang menjadi prioritas terlebih dulu adalah memenuhi pelayanan medik spesialis dasar yang meliputi pelayanan penyakit dalam, kesehatan anak, bedah, dan obstetri dan ginekologi (Obgin)," katanya.

Misal di Nunukan kata Usman, spesialis obgin justru sudah berlebih sehingga dapat di-redistribusi.

Baca juga:

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved