Angin Puting Beliung Terjang Grobogan, 32 Rumah Roboh dan Ratusan Pohon Tumbang

Bencana angin puting beliung tercatat mulai menerjang wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada akhir Oktober hingga awal November.

Angin Puting Beliung Terjang Grobogan, 32 Rumah Roboh dan Ratusan Pohon Tumbang
(KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO)
Kondisi sejumlah rumah yang ambruk diterjang angin kencang di Kecamatan Gabus, Grobogan, Jateng, ?Sabtu (17/11/2018). 

Angin Puting Beliung Terjang Grobogan, 32 Rumah Roboh dan Ratusan Pohon Tumbang

TRIBUNKALTIM.CO - Angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (16/11/2018) malam.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, puting beliung merobohkan 32 rumah warga serta menumbangkan ratusan pohon.

"Sebanyak 32 rumah roboh di Kecamatan Gabus, Kradenan, Grobogan, dan Tawangharjo. Ratusan pohon di sejumlah kecamatan ambruk hingga menutup akses jalan, bahkan di Kecamatan Grobogan pohon tumbang menimpa pikap," kata Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih kepada Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa karena bencana tersebut. Puting beliung terjadi beberapa saat setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Grobogan. BPBD, TNI, dan kepolisian bergegas meluncur ke lokasi untuk memberikan penanganan darurat dini.

Puting Beliung Melanda Dua Kecamatan di NTT Selama Dua Hari

Pesisir Berau Dihantam Puting Beliung, Rumah Warga dan PLTS Rusak Parah

"Hari ini kami melakukan pendataan dan gotong royong perbaikan rumah. Pohon-pohon tumbang juga sudah disingkirkan. Bantuan logistik dan sebagainya sudah diupayakan," ujar Endang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Grobogan Budi Prihantoro mengatakan, memasuki awal penghujan,pihaknya meminta instansi terkait mengecek kondisi pohon-pohon di jalan.

"Jika (pohon) membahayakan segera dipangkas. Masyarakat diimbau waspada memasuki musim penghujan dan harus bersiap diri terkait adanya bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung," kata Budi.

Kisah di Balik Pemulihan Pascabencana Gempa Sulteng, Saling Berbagi Makanan hingga Dilarang Bekerja

Pemulihan Pascabencana di Sulteng Diperkirakan Butuh Rp 18 Triliun, Ini 3 Sumber Anggarannya

Bencana angin puting beliung tercatat mulai menerjang wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada akhir Oktober hingga awal November.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puting Beliung di Grobogan, 32 Rumah Roboh dan Ratusan Pohon Tumbang", 

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved