Wisata Kuliner

Dari Gudeg, Oseng Mercon, Mangut Lele hingga Tongseng Kambing Semua Ada di Jogja Resto Kukar

Dari gudeg, oseng mercon, mangut lele hingga tongseng kambing semua ada di Jogja Resto Kukar.

Dari Gudeg, Oseng Mercon, Mangut Lele hingga Tongseng Kambing Semua Ada di Jogja Resto Kukar
Jogja Resto Kukar
Gudeg menu andalan di warung Jogja Resto Kukar 

Dari Gudeg, Oseng Mercon, Mangut Lele hingga Tongseng Kambing Semua Ada di Jogja Resto Kukar

TRIBUN KALTIM.CO - Berkunjung di Kota Tenggarong tak lengkap jika belum menikmati aneka kulinernya yang menggoda. Salah satu tempat makan yang wajib disinggahi adalah Jogja Resto di Jalan Pesut No 14A Tenggarong. Resto ini merupakan salah satu tempat makan yang masih bertahan dari terpaan badai defisit di Kota Raja ketika banyak rumah makan lainnya gulung tikar. Jogja Resto menawarkan 4 menu andalan yang tidak dijumpai di tempat lainnya di Kukar, seperti gudeg, oseng mercon, mangut lele dan tongseng kambing.

TIAP jam istirahat siang, kursi-kursi di Jogja Resto dipenuhi karyawan kantor dan PNS yang mau menikmati makan siang. Tri Budiarti, owner Jogja Resto, terlibat langsung dalam urusan dapur. “Untuk menu gudeg, tempat kami ini yang pertama dan satu-satunya di Kukar,” ujar Tri, perempuan asal Yogyakarta ini. Bahkan ia memesan khusus kreceknya—lauk pelengkap dari gudeg, langsung dari Yogyakarta. Krecek ini terbuat dari kulit kerbau.

Untuk citarasa, hidangan gudegnya disesuaikan dengan selera masyarakat Kutai. “Kami menyajikannya tidak terlalu manis menyesuaikan lidah orang Kutai, beda dengan gudeg Yogya aslinya yang biasa disajikan manis. Tapi gurihnya tetap ada,” katanya. Harga satu porsi gudeg terdiri nasi, sayur nangka, krecek, ayam, telur bacem dan sambal, dibandrol Rp 17 ribu. Sayur nangkanya diolah dengan gula aren, sedangkan ayamnya disiram kuah opor.

Jogja Resto juga punya menu andalan oseng-oseng mercon. Diberi nama mercon lantaran menu ini disajikan pedas hingga seolah membuat lidah terbakar. Oseng-oseng mercon berbahan utama kepala sapi. “Perbandingannya kalau satu kilogram daging, maka lomboknya (cabai) juga satu kilogram. Tapi pedasnya menyesuaikan selera pelanggan. Kepala sapi diambil kulit, lidah dan telinganya,” ujar Tri. Menu lainnya tak kalah menggoda adalah mangut lele. Lele yang digoreng kering disajikan dengan kuah gulai dan taburan bawang goreng di atasnya.

Menu mangut lele ini termasuk favorit pelanggan, di samping gudeg. Pelanggan juga bisa mengganti lele dengan ikan mas atau nila, tergantung selera. Bagi penyuka daging, resto ini juga punya menu istimewa, yakni tongseng sapi dan kambing. Menu ini disajikan pakai kuah gulai dan kecap dengan citarasa agak manis dan pedas. Jogja Resto kerap didatangi pelanggan untuk merayakan ultah dan kegiatan reuni.

Jumat Diskon 20 Persen

TIAP Jumat menjadi hari spesial bagi pelanggan Jogja Resto. Tempat makan ini menawarkan diskon 20 persen tiap Jumat.

“Diskon 20 persen hanya berlaku tiap Jumat dari harga normal,” ujar Tri Budiarti. Bahkan ia menambah diskon jadi 25 persen, jika pelanggan memesan buat diberikan ke anak yatim piatu. Tapi diskon ini tidak berlaku bagi pelanggan pesan antar lewat jasa ojek online. “Kami memberlakukan harga normal bagi pelanggan pakai jasa ojek online, tapi diskon 20 persennya saya berikan ke tukang ojek onlinenya,” kata Tri.

Jogja resto juga menerima pesan antar bagi pelanggan di sekitar Tenggarong dengan ongkos kirim Rp 5.000. “Kami tetap menerima pesan antar meskipun hanya satu porsi. Pelanggan bisa kirim WA ke nomor saya di 085845394147,” ujarnya. Ia juga menerima pesanan katering untuk berbagai menu, termasuk lalapan, ayam dan telur dengan harga Rp 20 ribu per kotak. “Satreskoba Polres Kukar termasuk pelanggan pesan antar dari resto kami,” ucap Tri.

Nikmati Free Wifi dan Mendoan

JOGJA Resto menjadi tempat nongkrong yang asyik bagi kawula muda. Resto ini menyediakan wifi gratis bagi pengunjungnya.

“Saya tidak pernah mengganti password wifi resto kami. Silakan pakai sepuasnya. Bahkan mahasiswa Unikarta sering nongkrong di sini,” ujar Tri Budiarti. Sebagai teman nongkrong, pengunjung bisa memesan tempe mendoan untuk cemilan. Satu porsi mendoan berisi 4 tempe dibandrol Rp 5.000. Mendoan disajikan hangat.

“Kami menggoreng mendoan ini dengan minyak terpisah, artinya untuk goreng ikan, minyaknya ada sendiri, lalu goreng tempe mendoan juga minyaknya lain. Jadi minyaknya tidak dicampur,” tuturnya. Tempe mendoan diolah pakai tepung dan bumbu bawang. Cemilan ini menjadi favorit pengunjung. Mendoan bisa disajikan dengan segelas kopi panas. (*)

Tentang Jogja Resto

  • Alamat : Jl Pesut No 14 A Tenggarong (Ruko)
  • Buka : 08.00-22.00 wita
  • Menu Utama : gudeg, oseng mercon, ayam penyet, ayam kremes, ayam geprek, rica ceker, soto sapi, mangut lele, bebek goreng, sop tulang, rawon, nasgor sapi, nasgor kambing, tongseng sapi, tongseng kambing
  • Menu ringan : mendoan tempe, tahu bacem, sosis goreng, kentang goreng, nugget
  • Fasilitas : free wifi, layanan pesan antar
  • Kapasitas : indoor (80 orang), outdoor (28 orang)
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved