Akurindo dan Kurma Saling Sinergi Berdayakan UMKM di Kaltim

Rangkaian acara ini memiliki tujuan khusus yaitu pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat menengah ke bawah.

Akurindo dan Kurma Saling Sinergi Berdayakan UMKM di Kaltim
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Konsolidasi Daerah Relawan Kurma bersama Akurindo untuk mengembangkan UMKM Kaltim di Hotel Buana Lestari pada Jumat (23/11) 

Akurindo dan Kurma Saling Sinergi Berdayakan UMKM di Kaltim

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christine

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sekelompok pelaku UMKM di Kalimantan Timur hadir di Hotel Buana Lestari pada Jumat (23/11) sore. Mereka datang dari berbagai bidang seperti petani, nelayan, buruh, dan pengusaha kelas menengah.

Kehadiran mereka adalah untuk menghadiri Konsolidasi Daerah Koordinator Relawan Ma'aruf Amin (Kurma) Kalimantan Timur, yang bersinergi dengan Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) untuk pendirian wadah UMKM bersama Akurindo pusat sekaligus mendirikan Kurma di wilayah DWP Kalimantan Timur.

Sejumlah tokoh turut menghadiri kegiatan ini, antara lain Akhmad Rosich (Ketua Kurma Pusat), Heru Bambang (Calon Ketua DPW Kurma Kaltim),Emir Moeis (ketum Akurindo Pusat) dan Febri Wibawa Parsha (Sekjen Akurindo Pusat).

Rangkaian acara ini memiliki tujuan khusus yaitu pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat menengah ke bawah agar lebih berdaya, digdaya ketika memasuki era digital yang serba cepat ini.

Febri wibawa Parsha, sekretaris jenderal Akurindo, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Akurindo berdiri dimaksudkan untuk menjadi bagian dari masyarakat.

"Salah satu tujuannya adalah ikut andil program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dengan pemberdayaan mutlak, dan kemandirian usaha yang berbasis penyetaraan dalam perilaku usaha rakyat yang betul betul mandiri dari sisi apapun, serta survive dengan bidang usaha yang digeluti," terangnya.

Di lain pihak, ketua Kurma Pusat, Akhmad Rosich, menegaskan jika Kurma sendiri berbasis pemberdayaan masyarakat, yang seiring perjalanan waktu akan menjadi kelompok usaha rakyat madani.

"Di mana nantinya akan ada pendirian koperasi, unit usaha, dan lain sebagainya. Jika Akurindo adalah asosiasinya, makan Kurma adalah unit atau badan usahanya," terangnya.

Ke depannya, kedua pihak akan menyelaraskan usaha mereka dalam membangun UMKM di Kalimantan Timur, dengan membangun cabang di setiap kabupaten. (*)

Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved