Ternyata Ini Alasan Tas yang Dibawa ke Kabin Pesawat Harus Diberi Label

selain tas atau koper-koper besar yang masuk ke bagasi pesawat, tas kecil yang dibawa ke dalam kabin harus diberi tag atau label.

Ternyata Ini Alasan Tas yang Dibawa ke Kabin Pesawat Harus Diberi Label
Tribun Kaltim/Christine
Selain bagasi, tas yang akan masuk ke kabin pesawat harus didaftarkan di konter check in, 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christine

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  Belum banyak calon penumpang yang tahu, selain tas atau koper-koper besar yang masuk ke bagasi pesawat, tas kecil yang dibawa ke dalam kabin harus diberi tag atau label.

Seperti yang terjadi di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, ketika sejumlah penumpang yang datang berombongan tidak mengikutsertakan tas punggung mereka ke konter check in, maka seorang petugas berseragam meminta mereka untuk mendaftarkan tas untuk mendapat label dari maskapai.

Menurut asisten manajer Lion Air Balikpapan, Asnan, aturan pelabelan tas yang akan masuk ke kabin ini sebenarnya sudah berlaku lama.

"Berlakunya sudah sejak dulu di semua maskapai penerbangan, hanya saja banyak penumpang yang belum memahami fungsinya. Kadang ada juga yang karena terburu-buru malah tidak sempat mendaftarkan barangnya," tuturny.

Baca: Pesawat yang akan Ditumpangi Via Vallen Alami Kerusakan Mesin

Penyebab lainnya penumpang kerap tidak mendapat label adalah karena mereka datang dalam rombongan, dan hanya satu orang yang melakukan check in bagi seluruh rombongan.

"Nah, pelabelan ini tujuannya adalah untuk mengantisipasi tas yang sama tertinggal atau tertukar, baik itu di ruang tunggu ataupun di pesawat, sehingga kita bisa mengidentifikasi ini milik siapa, dan bisa dikembalikan secara cepat," jelasnya lagi.

Asnan menjelaskan, di label tersebut dimasukkan nomor penerbangan, nama penumpang, dan nomor seat/tempat duduk penumpang. Jadi ketika tertinggal di area kabin, informasi mengenai pemilik barang akan lebih mudah ditemukan.

Mengingat tidak semua penumpang sering naik pesawat dan masih asing dengan aturan ini, maka pihaknya menyediakan petugas yang akan mengarahkan penumpang.

"Jadi kita ada yang namanya usher, tugasnya adalah memfilter. Di area gate juga seperti itu, jika ada penumpang yang tidak membawa bagasinya ke tempat check in, maka tugas usher adalah mengarahkan mereka."

Baca: Pesawat Garuda Indonesia GA210 yang Tergelincir di Bandara Adisutjipto, Tak Alami Kerusakan

Dia juga menegaskan bahwa penumpang yang masuk ke pesawat hanya boleh membawa satu barang, dan barang yang dibawa memiliki kriteria yang sudah ditetapkan oleh maskapai.

"Aturan kita adalah penumpang cuma diperbolehkan bawa satu muatan ke dalam kabin dengan berat 7kg, dan ukuran 40 x 30 x 20 sentimeter, di luar daripada itu, akan tetap dimasukkan ke bagasi pesawat. Apa pun bentuknya sebaiknya dibawa ke konter check in, nanti akan diberi label," tutupnya.

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved