HOBBIES

Hobi Air Brush - Menggambar Di Atas Media Apa Saja, Mulai Otomotif, Helm hingga Kaos

Tak banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari hobinya. Salah satunya Panca Bayu Murti. Hobi air brush-nya, bisa menjadi manta pencarian bagi Panca

Hobi Air Brush - Menggambar Di Atas Media Apa Saja, Mulai Otomotif, Helm hingga Kaos
TRIBUN KALTIM / ARIS
Panca Bayu Murti menglukis air brush di atas media kaos 

Hobi Air Brush - Menggambar Di Atas Media Apa Saja, Mulai Otomotif, Helm hingga Kaos

Tak banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari hobinya. Salah satunya Panca Bayu Murti. Hobi air brush-nya, bisa menjadi manta pencaharian bagi Panca.

PANCA belajar menggambar dengan air brush sejak tahun 2006. Awalnya belajar menggunakan media kanvas.
Sejak kecil dirinya memang gemar menggambar, namun pada tahun 2006 silam, dirinya mulai tertarik menggeluti aktivitas menggambar menggunakan teknik air brush.

"Awalnya sulit, biasanya saya melukis pakai cat dan kuas saja. Tapi dengan teknik air brush ini kita harus pelan-pelan menggunakan kompresornya agar tidak tercoret-coret," ujarnya.

Ditambahkannya, proses belajar dilakukannya dengan otodidak dan tidak jarang juga dia belajar dengan pelaku air brush yang sudah lebih dulu menggeluti kegiatan nge-brush ini. "Belajar sendiri, tapi kadang saya melihat juga dengan pelaku brush yang sudah duluan dari saya," ucap dia.

Lanjutnya, setelah ia mahir menggunakan metode kanvas, dirinya mengembangkan ke media kaos, otomotif dan helm. "Saya juga mengembangkan kemampuan saya ke media lainnya seperti kaos, helm dan motor," jelasnya.

Dirinya menganggap, lukisan dan gambaran menggunakan metode air brush ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi, karena jarang orang yang bisa mahir melukis dengan menggunakan metode ini. "Jarang orang yang bisa menggambar pakai teknik air brush ini. Kebanyakan hanya melalui cat dan kuas saja," ujarnya.

Berbagai event pernah diikuti Panca dan kawan-kawannya. Terakhir, dirinya mengikuti kegiatan Buen Festival di PPU, dirinya juga sering mengikuti event-event di Kota Balikpapan seperti kegiatan di Mathilda Fest pada peringatan HUT Kota Balikpapan dan kegiatan sosial galang dana di Lapangan Merdeka Balikpapan. Bahkan sering diundang untuk mengikuti event di komunitas lain.

Bentuk Brush Borneo Community Balikpapan

KREATIVITAS Panca Bayu Murti dan kawan-kawannya pecinta air brush mengilhami terbentuknya komunitas air brush yang menamakan dirinya Brush Borneo Community yang bersekretariat di Baru Ampar Lestari.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved