Pemprov Dorong Polda Kaltara Cepat Berkantor di Gedung baru

Irianto Lambrie memberi apresiasi kepada Mabes Polri yang secara cepat telah membentuk kelembagaan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara

Pemprov Dorong Polda Kaltara Cepat Berkantor di Gedung baru
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie saat diwawancarai awak media. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie memberi apresiasi kepada Mabes Polri yang secara cepat telah membentuk kelembagaan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara dan terus memantau perkembangan kesiapan Mapolda provinsi termuda ini.

Seperti diketahui, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian mengesahkan pembentukan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor Kep/12/I/2018 yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 9 Januari 2018. 

"Keberadaan Polda sangat dibutuhkan untuk meningkatkan Kamtibmas di Kalimantan Utara. Apalagi daerah ini adalah daerah perbatasan. Cukup banyak tindak-tindak kejahatan yang perlu dicegah seperti peredaran narkoba lintas negara, human trafficking, dan perdagangan ilegal," kata Irianto, Rabu (28/11/2018).

Baca: Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Kunjungan Kerja di Tanjung Selor, Berikut Agendanya

Pemprov Kalimantan Utara kata Irianto telah mendorong dan berupaya maksimal agar Polda Kalimantan Utara dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Hal itu dibuktikan dengan bantuan dana yang digelontorkan untuk melanjutkan finishing gedung DPRD Bulungan yang dihibahkan kepada Polda Kalimantan Utara.

"Kita bantu untuk penyiapan mebeler, jaringan listrik, dan penyediaan air bersih. Termasuk penataan landskap," katanya

Baca: Berkunjung ke Balikpapan, Rombongan Komisi IV DPR RI ikut Lepas Kepiting

Selain itu tuturnya, Pemprov Kalimantan Utara telah memasukkan sejak dulu areal Mapolda Kalimantan Utara ke dalam kompleks Pusat Pemerintahan di Kota Baru Mandiri Tanjung Selor. Dan, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor.

"Itu artinya pembangunan di Pusat Pemerintahan sebentar lagi akan kita mulai. Lahannya InsyaAllah sudah siap 100 persen tahun depan. Dan mulai dibangun gedung dan infrastruktur pendukung di dalamnya. Karena di dalam Instruksi Presiden itu sebanyak 12 Kementerian dan Gubernur serta Bupati Bulungan masing-masing diberi tupoksi untuk mempercepat realisasi di lapangan," sebutnya.

Irianto berharap, Polda Kalimantan Utara dapat segera berkantor di Kilometer 9, di gedung hibah dari Pemkab Bulungan. Sedang Pemprov Kalimantan Utara akan terus mengupayakan agar pembangunan Pusat Pemerintahan dapat segera dimulai.

Baca: Bermasalah pada Jaringan, Dishub Balikpapan Ganti Provider Mesin Parkir

"Saya akan berkeliling di 12 Kementerian untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden itu. Karena masing-masing Menteri diberi tupoksi sesuai tugas kewenangannya mendukung percepatan Kota Baru Mandiri. Khusus kepada Menteri Keuangan diinstruksikan mendukung penganggaran," sebutnya.

"Jadi, walau kita sebagai provinsi baru, kita sudah berupaya mendukung Polda Kalimantan Utara untuk melaksanakan tupoksinya dengan baik," tambahnya.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved