Rasakan Pengalaman Berlibur di Balkondes Wringin Putih, Destinasi Wisata dengan Nuansa Pedesaan

Berada di kawasan sekitar Candi Borobudur, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih, Magelang kini menjadi salah satu pilihan destinasi

Rasakan Pengalaman Berlibur di Balkondes Wringin Putih, Destinasi Wisata dengan Nuansa Pedesaan
Tribun Kaltim/Christoper Desmawangga
Balkondes di desa Wringin Putih yang merupakan binaan dari PT Pertamina. 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO - Berada di kawasan sekitar Candi Borobudur, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih, Magelang kini menjadi salah satu pilihan destinasi bagi wisatawan yang menginginkan nuansa liburan di pedesaan.

Dengan fasilitas penginapan, ruang pertemuan hingga kuliner khas setempat, tak jarang lokasi ini menjadi lokasi pilihan gathering organisasi dan perusahaan, ataupun pengunjung perorangan.

Lokasi wisata ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina. Dalam Media Gathering Pertamina Borneo 2018 dengan tagline Sinergi dalam Harmoni, PT Pertamina (Persero) Region Kalimantan ajak 43 jurnalis se Kalimantan untuk dapat merasakan langsung pengalaman berlibur di Balkondes Wringin Putih.

Baca: Agni Pratistha Sempat Nggak Percaya Diri Ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2018

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha menjelaskan, kegiatan ini merupakan event tahunan sebagai upaya untuk menciptakan sinergi antara Pertamina dengan awak media.

“Setiap tahunnya kami coba untuk berikan konsep yang berbeda. Tahun ini kami angkat Sinergi Dalam Harmoni sebagai tema dengan kegiatan utama terpusat di Balkondes Wringin Putih yang merupakan program CSR Pertamina yang melambangkan sinergi Pertamina dengan masyarakat," ucapnya.

Lanjut dia menjelaskan, kawasan Balkondes ini dibangun pada medio 2016 sebagai bagian dari program pengembangan Balkondes milik Kementerian BUMN.

Di sekitar wilayah ini terdapat 20 Desa yang menjadi lokasi pengembangan Balkondes oleh perusahaan BUMN dan Pertamina ditugaskan khusus untuk membangun dan menjadi pembina di Desa Wringin Putih.

“Sejak awal pencanangan hingga rampungnya program, Pertamina support penuh, mulai dari pendanaan dan pembangunan fisik Balkondes, termasuk 10 bangunan homestay dengan total 20 kamar yang ada di dalamnya," jelasnya.

Baca: Candi Borobudur Bakal Jadi Tempat Konser Mariah Carey, Kini Ada Jasa Sewa Stroller Lho, Ini Tarifnya

Tim aktivasi Balkondes Wringin Putih, Cahyo Seni Aji menambahkan, Balkondes ini dikembangkan untuk menciptakan kawasan wisata dengan pendekatan komunitas masyarakat sekitar atau yang lebih dikenal dengan istilah Community Based Tourism (CBT).

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved