Bank Indonesia

Duta Sekolah Terus Beri Pemahaman Cinta Rupiah di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

Salah satu kegiatan edukasi rupiah yang rutin dilaksanakan oleh Duta Rupiah ini adalah edukasi siswa SD, guru, penjaga kantin, dan orangtua murid.

Duta Sekolah Terus Beri Pemahaman Cinta Rupiah di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat
HO BANK INDONESIA
Duta Rupiah terus memberikan pemahaman mengenai rupiah dan menanamkan rasa cinta rupiah di sekolah dan masyarakat. 

BALIKPAPAN - Program Sekolah Peduli Rupiah (SPR) telah sukses terselenggara, gelar Duta Rupiah berhasil diraih oleh perwakilan dari SMP Nasional KPS yaitu Cornelius Harold Bistok Silitonga dan Renauly Agustio Poibe Napitupulu. Meskipun program SPR telah berakhir, Duta Rupiah secara rutin memberikan pemahaman cinta rupiah di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Salah satu kegiatan edukasi rupiah yang rutin dilaksanakan oleh Duta Rupiah ini adalah edukasi kepada seluruh siswa SD, guru, penjaga kantin, pengemudi sekolah dan orang tuamurid. Sedangkan program unggulannya adalah edukasi dilingkungan masyarakat yaitu mall, acara keagamaan, toko dan salon.

Salah satu bentuk edukasinya adalah dengan memberikan brosur cinta rupiah yg menjelaskan bagaimana cara mengetahui ciri-ciri keaslian uang rupiah sekaligus menjaga dan merawat uang rupiah.

Rena pun sempat curhat, susah payah saat kampanye cinta rupiah di mall. "Ya kadang dicuekin tapi ada juga yang antusias dan baru terinformasi bahwa uang rupiah itu bagus banget dan harus dirawat," kata Rena

Menurut Cornel, program Sekolah Peduli Rupiah itu bukan hanya sebuah kompetisi namun juga cerminan dimana sekolah itu bisa menjadi motor penggerak dalam kampanye cinta rupiah. "Kalau bukan kita yang mencintai rupiah siapa lagi. Itulah yang ditekankan setiap sosialisasi kami," katanya.

Salah satu tugas Duta Rupiah selain mengedukasi terkait ciri-ciri keaslian rupiah adalah mengingatkan masyarakat bahwa rupiah bukan hanya alat tukar namun juga sebagai salah satu penanda kedaulatan bangsa.

Tidak hanya di SMP Nasional KPS, Program-program yang telah dilaksanakan oleh perwakilan duta rupiah di 28 sekolah lainnya juga masih terus berjalan. Meskipun sekolahnya tidak menang kategori Duta Rupiah, siswa-siswi SMP Kota Balikpapan tetap berkomitmen untuk kampanye cinta rupiah. Karena cinta rupiah adalah bela negara tanpa senjata. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved