Ini Manfaat Penting Aren untuk Kehidupan dan Energi Terbarukan

Menurutnya, aren bisa punya nilai manfaat yang tinggi. Mulai dari pohon, daun, dan batang, hingga buahnya

Ini Manfaat Penting Aren untuk Kehidupan dan Energi Terbarukan
TRIBUN KALTIM / CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTO
Kepala Pusat Kajian Strategis KLHK, R Sudirman menanam pohon aren di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis, (6/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) punya alasan tersendiri dalam mencanangkan program penanaman 10.000 hektare pohon aren yang dimulai di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (6/12/2018).

Sekjen Kepala Pusat Kajian Strategis KLHK, R Sudirman mengatakan aren memiliki peran penting bagi kelangsungan sumber daya hutan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

"Aren dapat tumbuh di kawasan lereng sehingga cocok untuk menahan erosi dan penyimpan air yang bagus," kata Sudirman usai Penanaman pohon.

Menurutnya, aren bisa punya nilai manfaat yang tinggi. Mulai dari pohon, daun, dan batang, hingga buahnya. Nilai jual gula aren juga cukup menggiurkan.

"Hasil produk gula aren pada setiap semua pohon, pasar lokalnya hampir 10 ribu setiap kilogram. Kalau diekspor dan setiap harinya bisa mencapai 4-8 juta," ucapnya.

Baca juga:
 

Selain itu, aren mampu menghasilkan energi terbarukan yang cara kerjanya menyerupai CPO Kelapa Sawit, yang mampu menghasilkan biofuel

"CPO aren mengarah ke energi terbarukan. Hasil sisa perasan dimanfaatkan untuk energi terbarukan. Teknologi kita sudah siap untuk teknologi terbarukan, hanya dananya yang belum siap," ungkap Sudirman.

Ia mengungkapkan aren punya potensi mendongkrak Energi Baru Terbarukan (EBT) Indonesia yang ditargetkan mencapai 23 persen pada tahun 2025.

Ia berharap pemerintah pusat dan daerah harus mendorong EBT dari kawasan hutan.

"Ini masih kita matangkan. Kita kembangkan terus. Aren itu gak begitu lama untuk bisa bermanfaat. Sisa sampah aren bisa dimanfaatkan untuk bahan energi. Untuk membangkitkan power plan sehingga menghasilkan energi," kata Sudirman. (*)

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved