Tanam 10.000 Pohon Aren di Sebulu, Pemprov Kaltim Dukung Program Energi Hijau

Pemprov Kaltim turut mendukung program Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dalam rangka pencanangan energi hijau ramah lingkungan.

Tanam 10.000 Pohon Aren di Sebulu, Pemprov Kaltim Dukung Program Energi Hijau
TRIBUN KALTIM/CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTO
Pj Sekda Prov Kaltim Meiliana menanam pohon aren dalam rangka Gerakan Nasional Energi Hijau Untuk Indonesia di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (6/12/2018). 

Tanam 10.000 Pohon Aren di Sebulu, Pemprov Kaltim Dukung Program Energi Hijau

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemprov Kaltim turut mendukung program Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dalam rangka pencanangan energi hijau ramah lingkungan.

Bentuk dukungan Kaltim yaitu menyediakan lokasi kick off gerakan penanaman 10.000 hektar aren di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (6/12/2018).

Kegiatan ini diikuti 25 peserta Reform Leader Academy (RLA) dari 6 Provinsi, yaitu Kaltim, Kalteng, Kalsel, Kalbar, Kaltara, dan Bangka Belitung.

Penanaman pohon aren secara simbolis dilakukan oleh Kepala Pusat Kajian Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, R Sudirman, Pj Sekda Prov Kaltim, Meiliana, Kepala Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A LAN) Samarinda, Kalimantan Timur, Mariman Darto, serta Asisten III Kabupaten Kukar, Heldiansyah.

 Jumlah Viewers Kanal YouTube Persib Bandung Kalahkan Arsenal, Inter Milan, hingga Chelsea!

 

Meiliana menegaskan gerakan nasional pembangunan energi hijau untuk Indonesia sangat sejalan dengan RPJMD Kaltim di bawah komando Isran - Hadi yaitu berani untuk Kaltim yang berdaulat.

"Berdaulat dalam pengelolaan SDM yang Berkelanjutan. Penanaman pohon aren ini dukungan sekaligus tindaklanjut program Kaltim Green yang sudah pernah dicanangkan dan dilaksanakan Pemprov Kaltim," ungkap Meiliana.

Sementara itu, Sudirman menjelaskan Aren sangat penting menghasilkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

EXO Rilis Lagu LOVE SHOT, Chen dan Chanyeol Ikut Ciptakan Lirik

 

Pasalnya pemerintah pusat menargetkan konsumsi energi nsional tahyn 2025 mencapai 23 persen dari EBT.

"Berdasarkan UU 30 Tahun 2007 tentang Energi, target konsumsi energi nasional tahun 2025, Batubara 30 persen, Gas 22 persen, Minyak 25 persen, dan energi terbarukan 23 persen. Kita ingin lepas dari ketergantungan fosil. Maka aren ini sangat cocok untuk menghasilkan EBT," tuturnya.

Dianggap Kurang Populer dari Nikita Mirzani, Hotman Paris Tanya Rina Nose soal Sugar Daddy

281 Peserta Ikut SKB CPNS 2018 Mahakam Ulu, Ini Jadwal dan Tempatnya 

Optimistis Bertahan di Liga 1 2018, Mitman Yakin Mitra Kukar Kalahkan Persija Jakarta

Selain penanaman pohon, kegiatan ini diwarnai dengan komitmen bersama Gerakan Nasional Energi Hijau Untuk Indonesia yang ditandatangani Kapus KLHK, PKP2A LAN Samarinda, 5 gubernur se Kalimantan dan Gubernur Bangka Belitung, Bupati Kukar, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Kalsel, dan Kalteng, serta 25 peserta diklat RLA. (*)

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved