Speedboat Umum Tiong Ohang-Long Apari Belum Tersedia, Begini Solusinya

Ketersediaan angkutan transportasi air umum yang berada di kawasan Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur.

Speedboat Umum Tiong Ohang-Long Apari Belum Tersedia, Begini Solusinya
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Eksistensi speedboat reguler di Dermaga Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur. Angkutan umum ini melayani Kampung Ujoh Bilang-Tering Kabupaten Kutai Barat dengan harga bandrol Rp 300 ribu per penumpang. 

Speedboat Umum Tiong Ohang-Long Apari Belum Tersedia, Begini Solusinya

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Ketersediaan angkutan transportasi air umum yang berada di kawasan Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, sampai sejauh ini belum tersedia secara lengkap. 

Bagi orang yang berasal dari luar daerah Mahakam Ulu, yang ingin lakukan perjalanan dimulai dari Kampung Tiong Ohang ke Kampung Long Apari, begitu sebaliknya, akan sulit mencari angkutan umum sebab memang tidak tersedia. 

Hal itu disampaikan, Sudarno, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Air dari Dinas Perhubungan Kabupaten Mahakam Ulu kepada Tribunkaltim.co pada Jumat (7/12/2018) di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

Masyarakat Adat Dayak Mahulu Mulai Susun Kitab Himpunan Hukum Adat

Dia jelaskan, selama ini angkutan transportasi air umum seperti speedboat reguler baru sebatas trayek Dermaga Tering Kutai Barat-Long Bagun Mahakam Ulu.

Dan angkutan dari Dermaga Ujoh Bilang-Long Bagun-Kampung Tiong Ohang masih tersedia, ada yang melayani. 

“Sulitnya itu kalau ada orang yang mau lanjutkan perjalanan ke kampung terjauh, di paling hulu sana, di Kampung Long Apari, namanya,” kata Sudarno. 

Kondisi hulu Sungai Mahakam tidak semua bisa dilalui speedboat reguler. Sebab medan sungai semakin lama semakin dangkal dan beriam, paling hanya bisa dilewati perahu ces atau jenis perahu ketinting. 

Sempat Dikabarkan Jadi Istri Ketiga Opick, Begini Kabar Yulia Mochamad Sekarang

Pengumuman Bisa Terjadi Kapan Saja, Pantau Link Hasil SKD dan Peserta SKB CPNS Kemenag 2018

 

“Mungkin kalau lagi air pasang masih bisa dilewati speedboat. Tapi banyak yang tidak mau. Sudah jauh, jarang juga orang pulang pergi ke Kampung Long Apari,” ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved