Produsen Mobil Mengincar Korporasi Sebagai Strategi Pemasaran

"Triton double cabin sudah menjadi market leader dengan pangsa pasar 60% di kelasnya. Sebanyak 80% konsumennya merupakan konsumen fleet

Produsen Mobil Mengincar Korporasi Sebagai Strategi Pemasaran
KOMPAS.com/Tiara Fitriyani
Perpaduan konsep SUV dan minivan diklaim membuat Xpander unik di kelasnya. 

> Strategi Perusahaan Menjual Cepat Produksi Otomotif

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Produsen mobil mengincar konsumen fleet (perusahaan). Ini adalah salah satu cara produsen menjual banyak dengan cara cepat.

Misalnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama dengan Garuda Indonesia hari ini meresmikan serah terima Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI menjelaskan kerjasama dengan Garuda Indonesia akan membuka peluang bisnis fleet bagi Mitsubishi di Indonesia.  "Lewat kendaraan penumpang seperti Xpander kami berharap bisa menjajaki peluang baru di pasar fleet," papar Naoya, Selasa (11/12).

Baca: HASIL AKHIR & CUPLIKAN GOL Final Piala AFF 2018 Malaysia vs Vietnam (2-2)

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI menjelaskan bisnis fleet sejatinya bukan hal yang baru bagi Mitsubishi. Sebelumnya, Mitsubishi banyak bekerjasama bussiness to bussiness (b2b) dengan perusahaan tambang dan perkebunan di model kendaraan Light Commercial Vehicle (LCV). Seperti Triton dan L300.

"Triton double cabin sudah menjadi market leader dengan pangsa pasar 60% di kelasnya. Sebanyak 80% konsumennya merupakan konsumen fleet," papar Irwan.

Baca: Listrik Belum Masuk Kampung Gunung Teknik, Warga Terpaksa Gunakan Genset

Menurutnya, kunci utama untuk di pasar fleet adalah layanan purna jual atau after sales services. Misalnya di daerah di remote area seperti tambang dan perkebunan diperlukan layanan servis yang cepat.

"Dengan Garuda Indonesia pun kami tentu perhatikan pemeliharaan (maintenance) kendaraan. Misalnya para sopir kami akan beri pelatihan masalah servis dan keamanan berkendara," kata Irwan.

Baca: Lahan Aset Pertamina, Ada Wacana Warga Penghuni Gunung Teknik Direlokasi ke Batakan

Sementara itu, DFSK juga menggelar seremoni acara serah terima unit fleet Glory 580 dan gathering yang diikuti oleh customers dari Pantai Indah Kapuk yang sudah membeli unit Glory 580 serta beberapa pelanggan lain yang berpotensi untuk membeli unit Glory 580.

Pembeli di daerah Jakarta Utara dan daerah lainnya akhir-akhir ini melakukan pembelian fleet unit Glory 580 sebanyak 15 unit dan Super Cab 4 unit yang dilakukan mulai Bulan Oktober 2018. Proses delivery unit Glory 580 ini akan dilakukan mulai November 2018 sampai Desember 2018.

Baca: Gubernur Irianto Terima DIPA dari Presiden Jokowi, Dana Transfer ke Kaltara 2019 Naik Rp 514 M

Halaman
12
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved