Astra Motor Balikpapan Berikan Kurikulum Bisnis SMKN 3 Tanjung Selor

AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia secara berkelanjutan melakukan berbagai pelatihan

Astra Motor Balikpapan Berikan Kurikulum Bisnis SMKN 3 Tanjung Selor
HO PT Astra Honda Motor (AHM)
MENYIMAK - Markus Budiman, selaku HR, GA, SI & IT PT Astra Honda Motor (AHM) saat menyimak salah satu siswi SMK Negeri 4 Tanjung Selor saat mengoperasikan Simulator Kelistrikan dan PGM-Fi di Ruang Praktek dan Laboratorium Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMK Negeri 3 Tanjung Selor, pada Kamis (13/12). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - PT Astra Honda Motor (AHM), melalui Satu HATI Education Program, dengan Main Dealer Astra Motor Balikpapan melakukan kerjasama dibidang pendidikan dengan mengadakan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Ditandai dengan penandatanganan MoU Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor Astra Honda dengan SMK Negeri 3 tanjung selor sebagai Implementasi Program "Link & Match" Dunia Pendidikan dan Dunia Industri, bertempat di lapangan SMK Negeri 3 Tanjung Selor, pada Kamis (13/12).

Pengembangan pendidikan vokasi industri oleh PT Astra Honda Motor (AHM) telah merambah seluruh provinsi di Indonesia.

Baca: BREAKING NEWS - Mantan CEO Juventus Resmi Ditunjuk jadi CEO Baru Inter Milan

Hal ini ditandai dengan pengimplementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di provinsi ke-34 melalui penandatanganan kesepakatan kerja sama penerapan kurikulum ini di SMKN 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Main dealer Astra Motor Balikpapan akan menjadi pendamping utama pengimplementasian kurikulum di wilayah tersebut. Dengan kerjasama yang dilakukan kali ini, melengkapi 41 SMK mitra binaan Astra Honda Motor di seluruh pulau Kalimantan dan menjadi bagian dari 686 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia dan 268 Kabupaten/Kota.

Baca: FOTO 13 Artis Indonesia Bergaya jadi Putri Disney, dari Ariel Tatum hingga Nafa Urbach!

Sebagai sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda, SMKN 3 Tanjung Selor mendapat donasi berupa sepeda motor Honda, peralatan spesial untuk praktik bengkel, dan modul penunjang pembelajaran. Hal

ini untuk pengembangan pendidikan vokasi di wilayah Kalimantan Utara, yang diletakkan di dalam Laboratorium sebagai penunjang aktivitas praktikum dengan peralatan berupa Simulator kelistrikan dan PGM-Fi, unit cutting, RPM meter, alat ukur tekanan bahan bakar, avometer, injeksi dan peralatan lainnya.

Baca: Batal Perkuat Persib Bandung di 2017, Pemain Asal Brasil Kenakan Kaus Maung Bandung saat Berlatih

Selain itu, AHM juga memberi bantuan pengembangan vokasi industri, antara lain penyelarasan kurikulum, penyediaan tempat praktik kerja industri (Prakerin) siswa, pelatihan dan sertifikasi guru produktif dan pengukuran kualitas SMK melalui supervisi dan kontestasi keterampilan teknik siswa.

Untuk mendukung kemandirian siswa di bidang Otomotif roda dua, AHM bekerjasama dengan astra motor juga memiliki program Astra Honda Youthpreneurship Program sebagai dukungan bagi alumni SMK mitra binaan terpilih agar dapat Mandiri secara ekonomi di bidang perbengkelan.

Program ini sarat dengan ilmu manajemen bisnis bengkel melalui berbagai metode untuk memudahkan pemahaman para peserta.

Baca: LIVE STREAMING RCTI Arsenal vs Qarabag Matchday 6 Liga Europa, Kesempatan Pemain Muda!

“Kami berupaya secara bertahap dan konsisten untuk mengembangkan implementasi Kurikulum TBSM AstraHonda di berbagai wilayah di Tanah Air khususnya wilayah HSO Balikpapan serta Harapannya, kompetensi bidang Otomotif roda dua generasi muda di seluruh wilayah Tanah Air dapat semakin berkualitas dan bersama-sama memajukan negeri,” ujar Darma Wijaya selaku Region Head Astra Honda Motor Balikpapan.

Dalam upaya peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia di dunia pendidikan, AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia secara berkelanjutan melakukan berbagai pelatihan, sertifikasi dan uji kompetensi yang secara intensif ditujukan kepada guru produktif dan peserta didik.

Materi ajar pun selalu diperbaharui sesuai perkembangan teknologi dan tren usaha terkini.

Baca: Ada Janji yang Belum Dipenuhi, Keluarga Korban Lion Air PK-LQP Minta Presiden Jokowi Turun Tangan

Dengan kerjasama tersebut, Ibnu Wistoro, Kepala Sekolah SMKN 3 Tanjung Selor mengatakan akan berkomitmen untuk terus menjalankan program tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada AHM dan Astra Motor, dengan adanya kerjasama ini kami bisa mendapat update terkait teknologi motor Honda yang semakin maju. Kami malah semakin termotivasi untuk lebih berkomitmen dan konsiten terhadap program TBSM Astra Honda ini," ujar Wistoro. (*/m04)


Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved