Berita Pemkab Kutai Barat

Dewan Pengupah Kubar Rapat Penetapan UMK dan UMKS

Asisten II Setkab Kubar Ayonius mengharapkan semua yang terlibat dalam rapat penentuan UMK dan UMKS berdiskusi dengan baik.

Dewan Pengupah Kubar Rapat Penetapan UMK dan UMKS
HUMAS PEMKAB KUBAR
Peserta rapat dan anggota Dewan Pengupahan Kubar foto bersama sebelum membahas besaran minimum upah di Kubar. 

SENDAWAR - Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama akademisi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Serikat Pekerja untuk sektor tambang dan perkebunan mengadakan rapat dewan untuk menentukan besaran Upah Minimal Kabupaten (UMK) dan Upah Minimal Sektoral Kabupaten (UMKS) untuk tahun 2019.

Pertemuan berlangsung di ruang pertemuan hotel Mahakam Asri, Jalan Patimura Melak Ulu, Selasa (11/12/2018) pagi. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II Setkab Kubar Ayonius.

Ayonius mengharapkan semua yang terlibat dalam rapat penentuan UMK dan UMKS berdiskusi dengan baik.

"Keluarkan dan utarakan ide kreatif untuk masukan, tetapi tetap mengikuti aturan yang ada, tetap jaga Kutai Barat tetap kondusif dan jalin kebersamaan sehingga bisa kurang lebih sesuai kemampuan perusahaan," ujarnya.

Lebih lanjut Ayonius mengatakan dirinya mengapresiasi pertemuan untuk membahas perkembangan pekerja dan pemilik modal.

"Saya berpesan UMK dan UMKS di sesuaikan dan melihat dengan daerah lain sesuai pertumbuhan ekonomi, agar terjadi keselarasan, beda pendapat dalam rapat hal yang biasa asalkan hasil dan kesepakatan dapat dirasakan untuk hajat hidup yang lebih baik untuk semua pihak," katanya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, penetapan upah minimum merupakan kewenangan pemerintah bukannya Dewan Pengupahan.

Fungsi Dewan Pengupahan menurut ketentuan UU Ketenagakerjaan adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pengupahan. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved