Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Berharap Petani dan Nelayan Mahulu Semakin Sukses

Bupati menyatakan, ke depan ingin melihat masyarakat petani dan nelayan di Kabupaten Mahulu ini, memiliki perkerjaan tetap dan sukses sejahtera.

Bupati Berharap Petani dan Nelayan Mahulu Semakin Sukses
HUMAS PEMKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh hadiri Rembuk Utama KTNA Kabupaten Mahakam Ulu. 

UJOH BILANG - Rembuk utama KTNA Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menyepakati enam hal, antara lain kesepakatan tersebut yang berhubungan dengan upaya dalam kemajuan petanian di Kabupaten Mahulu.

Yakni memberi kewenangan kepada Ketua Kelompok KTNA Kabupaten Mahulu untuk melakukan konsolidasi organisasi tani di semua tingkatan.
Selanjutnya menyusun program kerja kelompok KTNA Kabupaten Mahulu Tahun 2019, yang disesuaikan dengan kebijakan bidang pertanian dalam arti luas Pemerintah Kabupaten Mahulu.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, SH, merasa tentunya bisa dicapai dan terwujud dengan cara bersama seluruh elemen masyarakat dan steakholder yang ada di Kabupaten Mahulu, serta dengan kerja keras yang kita miliki ini semua bisa tercapai.

“Mari kita bersinergi memiliki tujuan pembangunan yang sama pola pikir yang sama, mau berkerja keras untuk mencapai itu semua baru kita akan berhasil,” ujarnya saat menutup Rembuk Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mahulu Tahun 2018, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Ujoh Bilang pada Rabu (12/12) sore.

Bupati menyatakan, ke depan ingin melihat masyarakat petani dan nelayan di Kabupaten Mahulu ini, memiliki perkerjaan tetap dan sukses sejahtera.

"Caranya mengarahkan mereka untuk masuk dalam kelompok tani, kelompok nelayan, kelompok perkebunan dan peternakan yang tergabung dalam KTNA, agar hasil yang mereka peroleh ini, dari usaha-usaha tani yang mereka miliki bisa lebih terkontrol, sehingga setiap harinya mereka memiliki pendapatan. Ini yang dibilang pekerjaan tetap,” ujarnya.

Bupati mengimbau, mari bangun pertanian dan tata kelola perkebunan melalui kelompok-kelompok tani yang ada.

Serta dengan bimbingan dinas terkait target ke depan pada beberapa tahun nanti, dapat memberikan hasil yang bisa diukur untuk kesejahteraan para petani dan nelayan.

"Sehingga kedepan daerah ini bisa lebih maju bidang pertaniannya,” katanya.

Sementara, Ketua Pengurus KTNA Provinsi Kaltim Wisdiyanto sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mahulu.

Selama ini sudah benar-benar bersungguh-sungguh dalam membangun daerahnya kedepan berbasis dengan bidang pertanian, yang tentunya besinergi bersama KTNA Kabupaten Mahulu.

"Seharusnya program yang akan diambil oleh KTNA Mahulu harus sejalan dengan program yang telah di buat oleh, Pemkab Mahulu, dalam hal pembangunan bidang pertanian di Mahulu," tegasnya.

Ia beharap, semoga pertanian di Kabupaten Mahulu melalui KTNA dan pemerintah daerah bisa maju serta kelompok KTNA ini dikemudian hari bisa berkembang dan bermanfaat keberadaannya di tengah-tengah para petani dan nelayan.

"Kita sudah dipercaya untuk menjadi pengurus KTNA, yang mana KTNA ini adalah organisasi profesinya para petani dan nelayan, apabila ada petani atau nelayan di Mahulu ini, belum sejahtera atau membaik kehidupannya, ini akan membuat kita merasa berdosa. Karena aspirasi mereka belum bisa kita sampaikan pada pemerintah daerah maupun pusat," katanya. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved