Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan, Bisa Jadi Pertanda Kanker Rongga Mulut

Jangan remehkan jika sariawan sudah bersarang di mulut hingga berminggu-minggu, segeralah periksa ke dokter.

Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan, Bisa Jadi Pertanda Kanker Rongga Mulut
dailymail.co.uk
Ilmuwan telah menemukan cara baru melawan kanker, yaitu menggunakan pengobatan imunoterapi. 

Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan, Bisa Jadi Pertanda Kanker Rongga Mulut

TRIBUNKALTIM.CO - Sariawan, luka kecil yang kerap muncul pada bagian lunak bibir dan gusi bisa berlangsung hingga berhari-hari bahkan ada yang berminggu-minggu.

Jangan remehkan jika sariawan sudah bersarang di mulut hingga berminggu-minggu segeralah periksa ke dokter karena bisa jadi itu adalah tanda kanker rongga mulut.

Stop Gunakan Obat! Coba 5 Cara Alami Ini untuk Sembuhkan Sariawan, Makanan Asam Ternyata tak Baik

Obat Albothyl Berbahaya, Ini 4 Alasan Kenapa BPOM Tidak Menyarankannya Jadi Obat Sariawan

 
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut, Drg. Rahmi Amtha yang menyarankan agar segera periksa jika sudah empat minggu sariawan tidak sembuh.

“Sariawan yang tidak sembuh paling lama sebulan karena kulit kita memiliki perubahan sampai dua minggu jadi kalau empat minggu gak sembuh mari periksa,” ungkap Drg Rahmi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Lebih lanjut Drg Rahmi menjelaskan sariawan bisa menjadi gejala kanker karena kanker tidak ampuh jika hanya disembuhkan dengan obat, perlu pengangkatan hingga kemoterapi.

Jadi jika sariawan tidak sembuh-sembuh padahal sudah diobati dengan obat tetes lainnya, harus segera diperiksa agar mendapatkan tindakan khusus dari dokter.

“Jangan gunakan sembarang obat juga karena lihat iklan pokoknyanapapun obatnya tapi sariawan tidak sembuh segera periksa,” kata Drg. Rahmi.

 

Lagi Puasa Kok Kena Sariawan, Mengapa Bisa Terjadi?

Ini Lima Penyebab Si Kecil Alami Sariawan

Drg. Sri Hananto Seno, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia menambahkan normalnya sariawan akan menimbulkan rada sakit atau oerih.

Jika sariawan tidak menimbulkan rasa perih atau rasa sakit juga harus segera diperiksakan ke dokter karena bisa jadi gejala penyakit kanker rongga mulut.

“Sariawan kalau gak sakit tidak apa-ap, kalau tidak sakit itu gejala. Hati-hati pada sariawan yang tidak sakit,” pungkas Drg Hananto Seno.

Selain sariawan gejala lain kanker rongga mulut adalah perubahan warna rongga mulit yang seharusnya merah menjadi putih.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jangan Remehkan Sariawan, Kalau Tidak Sembuh-Sembuh, Itu Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Rongga Mulut

Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved