Disdukcapil Kota Bontang Bakar 2.500 e-KTP Invalid

Disdukcapil Kota Bontang memusnahkan 2.500 keping e-KTP di pelataran parkir kantor Disdukcapil jalan Awang Long, Bontang Utara, Sabtu (15/12) petang.

Disdukcapil Kota Bontang Bakar 2.500 e-KTP Invalid
TRIBUN KALTIM / ICHWAL SETIAWAN
Pegawai Disdukcapil memusnahkan 2.500 keping e-KTP Invalid di halaman Kantor Disdukcapil Kota Bontang di jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Sabtu (15/12) petang. 

Disdukcapil Kota Bontang Bakar 2.500 e-KTP Invalid

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang memusnahkan 2.500 keping e-KTP di pelataran parkir, kantor Disdukcapil jalan Awang Long, Bontang Utara, Sabtu (15/12/2018) petang.
Pemusnahan e-KTP dilakukan dengan cara dibakar, disaksikan pihak Kecamatan Bontang Utara, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kepala Disdukcapil, Yulianti Nur mengatakan, pemusnahan ini sesuai dengan surat edaran dari Kemendagri nomor 370.13/11176 Tentang Penatausahaan e-KTP Invalid. “Edaran semula perintahnya hanya digunting, tapi edaran terakhir kemarin harus dibakar,” ujar Yuli, usai pemusnahan e-ktp invalid kepada Tribun Kaltim.

Yuli menjelaskan, e-ktp invalid yang dimusnahkam merupakan kartu yang diproduksi sejak 2011 lalu. E-KTP invalid diperoleh dari kartu milik warga yang telah mengganti status pernikahan, berpindah alamat, dan juga yang telah meninggal. “Kita musnahkan supaya kasus-kasus seperti di daerah lain tidak terjadi di Bontang, seperti penjualan e-KTP secara daring,” ungkap Yuli.

Kedepan aksi seperti ini akan dilakukan secara rutin. Setiap pekan, pemusnahan bakal dilakukan oleh petugas. Langkah ini dilakukan agar aksi-aksi pemalsuan e-ktp tidak dapat terjadi di Bontang. “Nanti setiap hari Jumat kita akan bakar e-ktp invalid, maka setiap hari kita harus punya berita acara berapa e-ktp invalid yang masuk kemudian dimusnahkan setiap pekannya,” pungkas Yuli.(*)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved