Berita Video

VIDEO - Persadia Ajak Warga Balikpapan Senam dan Cek Kesehatan

Menurut dokter Lukman Hatta Sunaryo, ketua Persadia Balikpapan, salah satu yang pasti diadakan dalam rangkaian kegiatan kali ini adalah senam diabetes

VIDEO - Persadia Ajak Warga Balikpapan Senam dan Cek Kesehatan
TRIBUN KALTIM/CHRISTINE
Perkumpulan Diabetes Indonesia cabang Balikpapan rutin adakan kegiatan berupa cek kesehatan, senam, dan ceramah kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko diabetes. Kali ini acara dilaksanakan di RS Siloam Balikpapan pada Minggu (16/12/2018). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christine

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) cabang Balikpapan mengadakan kegiatan berupa senam sehat, cek kesehatan, serta ceramah kesehatan di Rumah Sakit Siloam Balikpapan pada hari Minggu (16/12/2018).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Persadia setiap minggu ketiga per bulannya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan bahaya diabetes serta bagaimana pencegahannya.

Acara ini dihadiri sekitar 250 orang yang terdiri dari dari masyarakat kota Balikpapan.

Wabup Berau Agus Tantomo Borong Aksesori Sisik Penyu dari Pulau Derawan, untuk Apa?

Menurut dokter Lukman Hatta Sunaryo, ketua Persadia Balikpapan, salah satu yang pasti diadakan dalam rangkaian kegiatan kali ini adalah senam diabetes.

"Senam ini agak spesifik, karena berbeda dengan senam jantung, senam asma, dan aenam kebugaran lainnya. Kita di sini lebih mengandalkan gerakan-gerakan yang sifatnya tidak terlalu berat," jelasnya.

Hal ini dilatarbelakangi sebagian pasien diabetes adalah orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.

Selain senam, menurut dr. Lukman, kegiatan ini juga ada unsur ilmiahnya, di mana disediakan pemeriksaan kadar gula darah, mata, dan gigi bagi para anggota dan peserta yang hadir.

Tempuh Jarak 130 Km, Gowes Brimob Tour de Balsam Targetkan Peserta Pra PON

"Kita juga sediakan layanan konsultasi gizi dan penyakit dalam, yang dilaksanakan oleh teman-teman donter spesialis penyakit dalam dari Persadia," ujarnya melanjutkan.

Kegiatan kali ini sekaligus menjadi sumber informasi bagi para peserta, di mana diadakan ceramah kesehatan yang diisi oleh dr Kristiani Muljono, yang merupakan spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam Balikpapan.

"Nanti ceramah ini akan mengetengahkan materi komplikasi jantung pada diabetes. Kita ketahui bahwa kematian pada penderita diabetes, seringkali disebabkan oleh penyakit jantung, sehingga topik ini menjadi penting untuk dibagi," tutupnya.

Info Terkini Rumor Transfer Pemain Persib Bandung, Mulai Wesley Sneijder hingga Osvaldo Haay

Untuk mengikuti seluruh kegiatan ini para anggota Persadia Balikpapan mengumpulkan iuran sebanyak Rp 15 ribu per orang setiap bulannya, sedangkan anggota yang baru bergabung mengumpulkan Rp25 ribu.

Dengan jumlah tersebut, setiap peserta sudah bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari senam bersama, cek kesehatan, konsultasi, dan mengikuti ceramah kesehatan. 

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Christine
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved