Korem 091 Aji Surya Natakesuma

Kolonel Inf Widi Prasetijono Hari Ini Resmi Menjabat Sebagai Danrem 091 Aji Surya Natakesuma

Kepada jajarannya saat Sertijab, Pangdam sempat berpesan untuk menghindari hal yang dapat mencederai netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu 2019.

Kolonel Inf Widi Prasetijono Hari Ini Resmi Menjabat Sebagai Danrem 091 Aji Surya Natakesuma
TRIBUN KALTIM
Panglima Kodam VI/Mulawarman (Mlw), Mayjen TNI Subiyanto (tengah) bersama Danrem 091 Aji Surya Natakesuma Kolonel Inf Widi Prasetijono (kiri) dan Brigjen TNI Irham Waroihan. 

SAMARINDA - Panglima Kodam VI/Mulawarman (Mlw), Mayjen TNI Subiyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas dan serah terima jabatan Komandan Korem 091/ASN dari Brigjen TNI Irham Waroihan, kepada Kolonel Inf Widi Prasetijono bertempat di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN, Jalan Gajah Mada Nomor 11, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (18/12/2018).

Sertijab tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas dan serah terima jabatan Danrem 091/ASN dihadapan Pangdam VI/Mlw dan penyematan tanda jabatan, penyerahan tongkat Komando serta melaksanakan tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN 'Praja Menggala Gapura Ning Negara' yang mengandung arti Berpegang Teguh Dalam Melaksanakan Tugas Negara dan Bangsa dengan Tidak Meninggalkan Nilai-Nilai Tingkah Laku dan Etika serta Sopan Santun.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, serah terima jabatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan Pembinaan Satuan dan Pembinaan Personel.

Melalui pergantian pejabat, diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam VI/Mlw, dengan penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, guna lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas.

Korem 091/ASN juga mengemban misi strategis sebagai Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara serta Komandan Korem sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Perbatasan dan meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan.

Dalam konteks Pembinaan Kewilayahan, gelar kekuatan matra darat khususnya wilayah Korem 091/ASN memiliki karakteristik yang unik dengan berbagai kekhususan, karena diwarnai oleh keragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat.

Untuk itu, penanganan secara sinergi, harmoni dan serasi dengan Pemerintah Daerah dan berbagai elemen masyarakat, harus selalu dikedepankan guna menciptakan stabilitas kondisi sosial yang aman dan kondusif melalui pelaksanaan tugas Pembinaan Kewilayahan yang dilandasi dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Bangun terus komunikasi sosial melalui dialog serta interaksi yang intensif dan konstruktif dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya dalam upaya penyelesaian setiap permasalahan yang berkembang di wilayah.

Selanjutnya, selaku Dankolaksops Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia agar senantiasa melakukan pengecekan dan pengawasan guna menjamin pelaksanaan tugas Pamtas dapat berjalan dengan aman dan lancar dihadapkan perkembangan dinamika dan perubahan situasi yang terjadi.

"Perlu saya ingatkan kembali kepada seluruh prajurit dan Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/Mlw, saat ini sudah pada tahap kampanye calon Presiden dan calon Wapres serta Caleg Pemilu 2019 berkaitan dengan netralitas TNI yang telah menjadi komitmen kita bersama untuk selalu dipegang teguh," ucap Pangdam, Selasa (18/12/2018).

"Hindari yang dapat mencederai netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu 2019 serta tetap bijak dalam menggunakan media sosial. Hindari penyebaran berita hoax dan memberi komentar hal-hal yang tidak perlu terhadap berbagai situasi yang terjadi di sekitar kita karena akan memberikan dampak negatif kepada diri pribadi, keluarga dan institusi TNI AD. Lakukan pengawasan secara terus menerus kepada seluruh prajurit dan Persit di satuan masing-masing," ujarnya.

Di akhir sambutannya Pangdam VI/Mlw mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI Irham Waroihan, beserta istri, atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdiannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya selama ini, dan selamat atas jabatannya sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih.

"Saya yakin dan percaya dengan berbekal wawasan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki Kolonel Inf Widi Prasetijono akan mampu melaksanakan amanah yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya," katanya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved