Pemilu 2019, KPU Bakal Tetap Gunakan Kotak Suara 'Kardus'

Kotak suara berbahan dasar kedap air itu sudah masuk dalam tahap produksi dan tinggal melakukan distribusi hingga ke tingkat KPU Kabupaten/Kota.

Pemilu 2019, KPU Bakal Tetap Gunakan Kotak Suara 'Kardus'
TRIBUNNEWS BOGOR/ARIS PRASETYO
Ketua KPU Arief Budiman 

Pemilu 2019, KPU Bakal Tetap Gunakan Kotak Suara 'Kardus'

TRIBUNKALTIM.CO - KPU RI akan  tetap menggunakan kotak suara berbahan dasar karton untuk Pemilu 2019.

Sebelumnya, terdapat pertentangan dari sejumlah pihak menggenai bahan dasar kotak suara, namun tidak akan dilakukan perubahan.

Alasan digunakannya kotak suara berbahan dasar karton ini dijelaskan Ketua KPU RI, Arief Budiman.

KPU Sebut Kotak Suara Pemilu 2019 Bukan dari Kardus Mi Instan, Ini Keunggulan Duplex

Ia mengatakan kotak suara berbahan dasar kedap air itu sudah masuk dalam tahap produksi dan tinggal melakukan distribusi hingga ke tingkat KPU Kabupaten/Kota.

"Sudah siap, tadi saya sudah presentasikan. Produksi (kotak suara,-red) sudah 100 persen. Distribusi sudah 100 persen jadi sudah selesai semua," kata Arief, kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

Dia mengklaim kotak suara itu sudah siap dipergunakan untuk menampung surat suara. Dia menjelaskan, keputusan menggunakan kotak suara karton kedap air itu sebelum menetapkan peserta pemilu.

Begini Terobosan KPU Balikpapan Simpan Kotak Suara Kardus, Selain Hemat juga Dijamin Bebas Rayap

Menurut dia, pemilihan kotak suara itu dilakukan atas dasar berbagai pertimbangan, seperti penghematan anggaran, kemudahan distribusi, kemudahan menyimpan, kemudahan merakit dan membongkar, dan ramah lingkungan.

"Sudah siap. Diganti apanya? Saya tegaskan pokoknya itu sudah mempertimbangkan banyak hal. Ini pilihan kami," tegasnya. (*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "KPU Tetap Gunakan Kotak Suara 'Kardus'http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/18/kpu-tetap-gunakan-kotak-suara-kardus

Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved