Berita Pemkab Kutai Barat

Tingkatkan Kemampuan, Kesbangpol Kubar Beri Pembekalan 25 Anggota SAR

Narasumber pelatihan adalah Sersan Mayor Dwi Adi Wibowo dan Serka Heri Rahmat Abrianto dari Basarnas Balikpapan.

Tingkatkan Kemampuan, Kesbangpol Kubar Beri Pembekalan 25 Anggota SAR
HUMAS PEMKAB KUBAR
Narasumber pelatihan adalah Sersan Mayor Dwi Adi Wibowo dan Serka Heri Rahmat Abrianto dari Basarnas Balikpapan. 

SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Barat memberikan pelatihan untuk anggota yang tergabung pada Unit Reaksi Cepat (URC) atau Search And Rescue (SAR) yang berjumlah 25 orang.

Pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kab Kubar, Isak Pongsama tersebut berlangsung di Kantor TNI Angkatan Udara (AU) Perwakilan Balikpapan di Kecamatan Melak, Senin (17/12).

Sekretaris Badan Kesbangpol Kubar, Isak Pongsama dalam sambutannya menyebutkan kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan, dimana para peserta hendaknya dengan benar-benar mengikuti dan mencermati semua materi yang diberikan oleh para narasumber dan instruktur.

Sehingga, peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk mengatasi permasalahan dan gangguan yang ditemukan di lapangan.

“Tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran, penerbangan serta bencana lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah melalui dua hal, yakni pokok pencarian (search) dan pertolongan (rescue) sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2006 tentang Pencarian dan Pertolongan,” ujarnya.

Kepada satuan tugas URC SAR Kubar, ia berpesan agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyelenggarakan pelaksanaan pelayanan SAR yang efektif dan efisien, cepat, handal dan aman.

"Melalui pelatihan lanjutan agar meningkatkan kerjasama jalinan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak lainnya," kata Isak Pongsama.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Ketahanan Sosial dan Ekonomi pada Badan Kesbangol Kubar, Drs Juni T Lavau menerangkan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk memberikan pembekalan, pengetahuan lanjutan dan keterampilan bagi anggota URC SAR sehingga, mampu mengevakuasi melalui pencarian dan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah.

Narasumber pelatihan adalah Sersan Mayor Dwi Adi Wibowo dan Serka Heri Rahmat Abrianto dari Basarnas Balikpapan, dengan metode pendidikan dan pelatihan teknik pertolongan di darat (hart), kompas, refling, teknik evakuasi korban.

Peserta yang berjumlah 25 orang terdiri dari SAR, BP3D, anggota TAGANA, Pramuka dan anggota Puskesmas. Pelaksanaan ini berlangsung selama empat hari mulai 17 hingga 20 Desember 2018 mendatang. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved