Jokowi Sebut Kalau Ada yang Memukuli Orang, Urusannya dengan Polisi, Bukan dengan Saya

Peristiwa tersebut sudah menjadi ranah kepolisian untuk melakukan penindakan karena perbuatan orang tersebut melakukan perbuatan pidana.

Jokowi Sebut Kalau Ada yang Memukuli Orang, Urusannya dengan Polisi, Bukan dengan Saya
TRIBUNNEWS
Presiden Joko Widodo melepas satwa di kolam komplek Istana Bogor 

Jokowi Sebut Kalau Ada yang Memukuli Orang, Urusannya dengan Polisi, Bukan dengan Saya

TRIBUNKALTIM.CO - Calon Presiden Petahana Nomor Urut 01, Joko Widodo atau Jokowi ikut berbicara terkait kriminalisasi ulama yang mengarah kepadanya.

Ia memberi contoh ada seseorang yang melakukan tindak pidana penganiayaan atau pemukulan.

Tentu, katanya, peristiwa tersebut sudah menjadi ranah kepolisian untuk melakukan penindakan karena perbuatan orang tersebut melakukan perbuatan pidana.

Polisi Jelaskan Bukti Foto Penganiayaan, Bahar bin Smith Diancam Pidana Penjara 5 Tahun

"Ini jangan sampai karena ada kasus hukum terus yang disampaikan adalah kriminalisasi ulama. Misalnya mohon maaf, kalau ada yang memukuli orang, urusannya dengan polisi, bukan dengan saya. Ya mesti seperti itu," kata Jokowi dalam pidatonya pada acara Deklarasi Akbar Ulama se-Madura di Gedung Ratu Ebo, Kabupaten Bangkalan, Rabu (19/12/2018). 

Definisi kriminalisasi menurut Jokowi adalah seseorang yang melakukan suatu perbuatan bukan tindak pidana, namun digolongkan sebagai tindak pidana.

Presiden Jokowi menjadi Imam shalat Dzuhur di sela-sela kunjungannya ke Ponpes Darul Ulum Jombang, Selasa (18/12/2018).
Presiden Jokowi menjadi Imam shalat Dzuhur di sela-sela kunjungannya ke Ponpes Darul Ulum Jombang, Selasa (18/12/2018). (Juru Foto Kepresidenan/Agus Suparto)

"Mesti polisi bertindak kalau ada kasus hukum, seperti itu. Kalau enggak ada kasus lalu dibawa ke hukum, ngomong saya. Kalau ada kasus hukum, ya saya sulit," tutur Jokowi. (*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Jokowi: Kalau Memukuli Orang Urusannya dengan Polisi, Bukan Sayahttp://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2018/12/19/jokowi-kalau-memukuli-orang-urusannya-dengan-polisi-bukan-saya

Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved