Jalan Gubeng Surabaya Ambles

Pakar ITS Ungkap Fakta Aneh Seputar Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya

Kejadian ambles sebagian Jalan Raya Gubeng ini dinilai sangat unik dan penuh pertanyaan, karena hanya satu sisi penggalian yang mengalami ambles.

Pakar ITS Ungkap Fakta Aneh Seputar Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya
(Google Maps)
Lokasi jalan amblas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang amblas, tepat di samping proyek pembuatan rubanah RS Siloam Surabaya. 

Pakar ITS Ungkap Fakta Aneh Seputar Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya

TRIBUNKALTIM.CO - Pakar Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya, Prof Ir Indrasurya B Mochtar MSc PhD, mengungkap hal aneh dan unik dari peristiwa amblesnya lapisan tanah di Jalan Raya Gubeng Surabaya, pada Selasa (17/12/2018) malam.

Prof Indrasurya yang sudah melihat dari dekat lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng pada Rabu (18/12/2018) siang menyebut tidak sepenuhnya peristiwa itu disebut longsor, karena dia melihat, volume tanah yang berpindah tempat ke proyek galian basement tidak seluruhnya.

"Kemungkinan ada sebagian tanah yang ambles masuk ke dalam perut bumi," kata Kepala Laboratorium Mekanika Tanah ITS itu.

Dampak Amblesnya Jalan Gubeng Surabaya; Gedung Sekitar Ambrol hingga Warga Harus Mengungsi

Begini Tampilan Jalan Gubeng Surabaya Sebelum Ambles, Video Drone hingga Fakta Kejadian

Indrasurya juga menyebut, kejadian ambles sebagian Jalan Raya Gubeng sangat unik dan penuh pertanyaan, karena hanya satu sisi penggalian yang mengalami ambles, yakni sisi jalan raya.

"Sedangkan sisi lainnya masih kokoh berdiri. Di situ berdiri berbagai bangunan yang besar dan tidak terjadi sesuatupun," terangnya.

Umumnya, tanah ambles disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi sebelumnya.

Tapi faktanya, sebelum kejadian hujan tidak begitu lebat dan tidak ada genangan air.

Apa Penyebab Amblesnya Jalan Gubeng Surabaya, Kesalahan Konstruksi RS Siloam atau Faktor Alam ?

Jawaban RS Siloam Seusai Diduga Jadi Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng

Keanehan lainnya kata Indrasurya, berdasarkan data persebaran struktur tanah di Surabaya, tanah di proyek tersebut bisa dikatakan layak untuk penggalian basement.

"Buktinya, salah satu sisi penggalian yang belum memiliki dinding penyangga, tidak terjadi perpindahan tanah sedikit pun," ujarnya.

Dirinya atas nama tim dari ITS akan bekerjasama dengan polisi untuk mengungkap penyebab sebenarnya amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng Surabaya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fakta Aneh Amblesnya Jalan Raya Gubeng Menurut Pakar Teknik Sipil ITS",

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved