Berita Pemkab Kutai Barat

Wabup Kubar Imbau Tunjukkan Bela Negara dalam Perilaku Keseharian

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan peringatan bela negara merupakan bingkai satu bangsa setanah air yang diterjemahkan dengan perilaku keseharian.

Wabup Kubar Imbau Tunjukkan Bela Negara dalam Perilaku Keseharian
HUMAS PEMKAB KUBAR
Pejabat di lingkungan Pemkab dan Muspida Kutai Barat mengikuti upacara Bela Negara. 

SENDAWAR - Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018 yang ke-70.
Untuk Kabupaten Kutai Barat dipusatkan di Lapangan Alun-Alun ITho yang berada di Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Kutai Barat, Rabu (19/12).

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan peringatan bela negara merupakan bingkai satu bangsa setanah air yang diterjemahkan dengan perilaku keseharian.

Serta juga pemerintah menerbitkan Inpres nomor 7 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019, dimana selain merekatkan rasa kebangsaan dan setanah air namun juga memberikan ruang gerak bagi semua WNI untuk partisipasi aktif bela negara dalam arti luas.

"Tidak hanya berperang, namun semua kegiatan kemasyarakatan seperti keagsaman, politik, itu merupakan bentuk kegiatan partisipasi bela negara," ujarnya.

Wabup mengimbau kepada masyarakat dalam rangka bela negara agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Wabup juga membacakan sambutan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Wiranto yang menegaskan dalam pidatonya bahwa bela negara merupakan kerjasama segenap elemen bangsa dan negara.

Bela negara wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing.

"Mari kita jadikan kemerdekaan bangsa dan Negara yag telah dianugerahkan oleh Tuhan YME sebagai modal dasar kerja bangsa di segala bidang. Mari kita syukuri bersama keberadaan ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, beragam agama dan kepercayaan di dalam wadah NKRI yang membentang lebih dari seperdelapan khatulistiwa," kata Wiranto.

Dalam upacara peringatan tersebut diikuti oleh Assisten II, Ayonius, Assisten III, Asrani, Kepala Dinas, Badan Wilayah Pemkab Kubar, Anggota DPRD Kubar, Don Bosco B, Kabag Sumber Daya pada Polres Kubar, Kompol Iswahyudi, Kasdim 0912 Kubar, Mayor Inf Wahyudi. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved