Kementerian Pariwisata Pilih Festival Mahakam Masuk Dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2019

Kementerian Pariwisata Pilih Festival Mahakam Masuk Dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2019

Kementerian Pariwisata Pilih Festival Mahakam Masuk Dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2019
HO / DINAS PARIWISATA SAMARINDA
Festival Mahakam 2018 di sepanjang Sungai Mahakam dimeriahkan puluhan event di 13 lokasi, dan diramaikan penampilan budaya dari empat negara lain. 

Kementerian Pariwisata Pilih Festival Mahakam Masuk Dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2019

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akhirnya merilis 100 atraksi wisata terbaik yang tersebar di seluruh penjuru nusatara. Festival Mahakam di Samarinda dan Erau Adat Kutai dan 7th International Folk Art Festival di Kutai Kartanegara masuk dalam event pariwisata bergengsi yang dirangkum dalam 100 Calender of Event Wonderful 2019.

Diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, Muhammad Faisal, seleksinya dalam kurasi ini cukup ketat. Di seluruh Indonesia, mereka mesti bersaing dengan 260 usulan event. Di Kaltim, dari informasi yang ia ketahui, dua festival ini, mengalahkan tiga festival yang diusulkan Balikpapan dengn Festival Manggar, Kutim dengan Festival Lom Plai dan Mahakam Ulu dengan Festival Hudoq. Dari informasi yang dihimpun, peluncuran 100 Calender of Event Wonderful 2019 dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis lalu.

Walaupun tak mengetahui persis kriteria penjurian yang dilakukan oleh lima kurator independen, namun Faisal meyakini, nilai lebih yang dimiliki festival yang masuk dalam nominasi ada berbagai kriteria. Di antaranya, konsistensi waktu dan pelaksaaan tiap tahun, kekuatan budaya dan aksebilitas. Terpilihnya, Festival Mahakam di 100 Calender of Event Wonderful 2019 merupakan kali kedua berturut-turut sejak 2018.

"Ini surprise bagi kami. Kami sudah merintis Festival Mahakam (hingga ke-19 kali). Tahun lalu kami masuk tahun ini, kami kembali masuk," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Muhammad Faisal, Minggu (23/11/2018).

Keuntungan lain masuknya Festival Mahakam dalam kalender event pariwisata bergengsi skala nasional dan internasional ini, yakni mendapat bantuan promosi berupa barang senilai Rp 1 miliar. Ini merupakan angin segar Faisal, mengingat, dana yang dianggarkan untuk Festival Mahakam yang cukup meriah di tahun-tahun sebelumnya berkisar Rp 500 jutaan saja. "Kabar bagus untuk Festival Mahakam di Samarinda, event kita dipromosikan mulai Januari sampai Desember 2019," ujarnya.

Sebagai Informasi, Erau Adat Kutai dan 7th International Folk Art Festival di Kutai Kartanegara berlangsung 21-29 September 2019. Sementara, seperti tahun 2018 lalu, Festival Mahakam, akan berlangsung 1-3 November 2019 juga. Jika di tahun 2018, festival di sepanjang Sungai Mahakam dimeriahkan puluhan event di 13 lokasi, dan diramaikan penampilan budaya dari empat negara lain.

Pada 2019, nanti, panitia bakal menyajikan beberapa penampilan baru yang atraktif sehingga mampu menarik wisatawan dan mendorong geliat pariwisata lokal dan ekonomi. "Pasti ada sesuatu yang baru di Festival Mahakam, selalu ada yang baru tiap tahunnya," tandasnya. (*)

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved