Berita Video

VIDEO - Sopir Perusahaan Subkontraktor PT Pama Persada Ancam Gelar Demo

Humas PT Pama, Dayat enggan berkomentar terkait masalah ini. Menurut dia, permasalahan tersebut menjadi kewenangan pihak internal subkontraktor.

VIDEO - Sopir Perusahaan Subkontraktor PT Pama Persada Ancam Gelar Demo
tribunkaltim.co/ Ichwal
Belasan karyawan dan eks pekerja di 3 perusahaan, PT Indorent, PT Anugrah Emas Alihdaya dan PT Bagong yang menjadi rekanan PT Pama Persada menggelar jumpa pers di rumah anggota DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang, Minggu (30/12/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Ichwal Setiawan

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Belasan tenaga kerja sopir subkontraktor dari PT Pama Persada menggelar jumpa pers di kediaman Anggota DPRD Baktiar Wakkang, Gang KOI 2, Jalan KS Tubun, Kecamatan Bontang Selatan, Minggu (31/12/2018).

Para pekerja serta eks pekerja di PT Indorent , PT Bagong dan PT Anugerah Emas menuntut pihak perusahaan menerapkan aturan kerja sesuai peraturan ketenagakerjaan.

“Jadi masalah tenaga kerja di tiga perusahaan ini sudah berlangsung lama. Bahkan sudah ada karyawan yang di PHK karena menuntut hak. Sudah setahun kita kawal masalah ini tapi hingga sekarang belum selesai juga,” kata Bakhtiar membuka jumpa pers.

Baca: PVMBG Beri Penjelasan soal Letusan Gunung Agung, Imbau Warga Waspadai Aliran Lahar Hujan

Eks karyawan PT Indorent, Bagus Wicaksono mengatakan dia harus menerima  kontrak kerjanya diputus akibat mengagas pembentukan Serikat Pekerja (SP) di PT Indorent.

Menurut Bagus, perusahaan mencoba mengintimidasi para karyawan dengan cara bakal putus kontrak bagi mereka yang membentuk SP. 

“Pasti ada ancaman bagi karyawan yang ingin membentuk serikat, seperti saya ini,” ujar Bagus.

Bagus merinci, dugaan pelanggaran yang dilakukaan perusahaan tempatnya bekerja dulu cukup banyak.

Diantaranya, pengapusan cuti tahunan bagi karyawan. Pekerja tidak menerima masa cuti tiap akhir tahun.

Kemudian, jam lembur yang tidak sesuai dengan praktik di lapangan. Misalnya, saat hari libur atau hari besar keagamaan. Para karyawan tetap bekerja, namun dihitung normal bukan lembur.

Baca: HASIL AKHIR Crystal Palace vs Chelsea (0-1) - NGolo Kante Cetak Gol Semata Wayang The Blues

Halaman
123
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved